9 November 2018

Mengenal Bumbu Dapur: Cabe Jawa (Cabe Jamu)

Cabe Jawa (Cabe Jamu)
Cabe Jawa (Cabe Jamu)

Cabe Jawa atau cabe jamu adalah tanaman asli Indonesia yang digunakan sebagai bumbu pemedas masakan dan juga sebagai bahan jamu dan obat tradisional. Namun, setelah kedatangan bangsa Portugis ke Nusantara yang juga membawa rempah-rempah dari daerah jajahannya, pamor cabe Jawa sebagai bumbu pemedas menjadi redup karena kalah dengan cabe atau cabai (Capsicum annuum) yang merupakan tanaman asli dari benua Amerika.

Cabe Jawa memiliki nama ilmiah Piper retrofractum Vahl, jika dilihat dari nama ilmiahnya yang mengandung kata 'Piper' secara logika tanaman ini masih berkerabat dekat dengan lada (Piper nigrum atau Piper albi), kemukus (Piper cubeba) dan sirih (Piper betle). Hmm, ketiga tanaman merambat ini (cabe Jawa, kemukus dan sirih) apabila belum berbuah memang agak sulit dibedakan, karena bentuk batang dan daunnya pun serupa.

perbandingan dengan cabe lainnya
perbandingan dengan cabe lainnya

Di dunia barat cabe Jawa disebut dengan nama long pepper dan sering disamakan dengan pipli (Indian long pepper, nama ilmiahnya Piper longum) yang berasal dari India. Oh iya, untuk penggunaannya biasanya cabe jamu ini dipetik buahnya, kemudian dijemur atau keringkan terlebih dahulu. Nah, setelah kering baru deh digunakan sebagai bumbu masak, bahan jamu dan atau bahan obat-obatan.

cabe jawa (cabe jamu), kondisi baru dipetik
cabe jawa (cabe jamu), kondisi baru dipetik

Hmm, walaupun statusnya telah tergantikan dan pamornya kalah dari cabe jenis Capsicum yang berasal dari daratan Amerika, namun beberapa masakan tradisional Nusantara masih menggunakan cabe jamu ini sebagai salah satu bumbunya. Karena walaupun rasa pedasnya bisa tergantikan, tetapi aroma dari cabe jamu ini sangat khas atau memiliki ciri tersendiri. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar