8 November 2018

Bintaro

Bintaro
Bintaro

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata 'Bintaro' ? Hmm, bisa mengarah ke suatu daerah di Jakarta atau bisa juga mengarah ke salah satu pohon atau tanaman, hehehehe. Jika ditelusuri, konon penamaan Bintaro yang merupakan suatu nama daerah di sekitar Jakarta Selatan dikarenakan pada dulunya di daerah tersebut memang terdapat pohon bintaro.

Pohon bintaro, yang di negara Malaysia disebut dengan nama 'pokok pong-pong' adalah termasuk jenis tanaman peneduh dikarenakan pohonnya yang cepat tumbuh dan rindang. Pohon ini bisa tumbuh menjulang sampai sekitar 12 meter. Habitat asalnya adalah di sekitar pesisir pantai dan sering ditemukan tumbuh liar berbaur di antara hutan bakau. Untuk nama ilmiah tanaman ini, dari beberapa literatur yang aku baca ada dua, yaitu Cerbera odollam dan Cerbera manghas. Perbedaannya adalah dari warna bunganya, bunga Cerbera odollam berwarna putih, sementara bunga Cerbera manghas berwarna kemerahan.

penampakan pohon
penampakan pohon
penampakan bunga
penampakan bunga

Daunnya berbentuk panjang agak lonjong dan berwarna hijau tua.

penampakan daun
penampakan daun

Buahnya berbentuk bulat agak lonjong, seperti buah apel atau mangga, dengan tekstur yang agak licin seperti buah markisa. Buah muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi merah marun, lalu ungu dan kemudian kehitaman.

penampakan buah
penampakan buah

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, biji bintaro dapat diolah menjadi minyak dan dijadikan bahan bakar (biofuel), tentunya setelah melewati proses. Sementara untuk pemanfaatan yang sering ditemui di lapangan adalah buahnya digunakan sebagai alternatif untuk mengusir atau sebagai racun tikus. Hmm, ada juga yang menggunakan buah, daun dan getahnya sebagai racun pada anak panah dan alat untuk berburu lainnya.

Oh iya, karena kandungan racun pada tanaman ini, di beberapa daerah di negara lain, seperti di India, Madagaskar dan Hawaii acap kali digunakan untuk membunuh orang atau bahkan untuk bunuh diri, huhuhuhu. Hmm, jadi apabila di sekitar anda ada tumbuh pohon ini, hati-hati apabila anda memegang daun atau buahnya, terlebih terkena getahnya. Segera cuci dan bersihkan bagian tubuh anda dengan sabun, lalu bilas dengan air mengalir agar tidak terdampak dari racunnya. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar