18 November 2018

Kereta Api Dari Bangkok Ke Aranyaprathet (Thailand)

Bangkok - Aranyaprathet
Bangkok - Aranyaprathet

Hmm, apabila anda sedang berada di kota Bangkok, Thailand dan akan melanjutkan perjalanan ke negara Kamboja (biasanya sih tujuan klasiknya ke kuil Angkor Wat di Siem Reap atau ke kota Phnom Penh, hehehehe), kereta api bisa dijadikan salah satu alternatif moda transportasi karena harga tiketnya yang lebih terjangkau, hihihihi.

Rute kali ini adalah antara stasiun Hua Lamphong yang berada di kota Bangkok dan stasiun Aranyaprathet yang berada di provinsi Sa Kaeo, yang berbatasan langsung dengan negara Kamboja dan sering digunakan para pelancong sebagai tempat transit (Aranyaprathet-Poipet). Rute yang membentang dengan jarak sekitar 255 kilometer ini bisa ditempuh selama sekitar 5-6 jam dengan menggunakan kereta api milik perusahaan State Railway of Thailand (SRT).

Ketika tulisan ini dipublikasikan, ada 2 kereta api yang beroperasi di rute eastern line (jalur timur) ini secara pulang-pergi di setiap harinya, yaitu kereta api dengan tipe ordinary bernomor 275 dan 279 untuk rute Bangkok-Aranyaprathet, sementara di rute sebaliknya atau antara Aranyaprathet-Bangkok menggunakan kereta api dengan nomor 276 dan 280.

Rincian jadwalnya adalah sebagai berikut:

Bangkok - Aranyaprathet
  • Nomor  -  Berangkat   -  Tiba    -  Jenis
  • 275        -  05.55           -  11.35  -  Ordinary
  • 279        -  13.05           -  17.35  -  Ordinary

Aranyaprathet - Bangkok
  • Nomor  -  Berangkat    -  Tiba    -  Jenis
  • 280        -  06.40            -  12.05  -  Ordinary
  • 276        -  13.55            -  19.40  -  Ordinary
*) Waktu yang digunakan adalah waktu Thailand (GMT+7)

Berapa harga tiketnya? Yup, ketika tulisan ini diterbitkan harganya adalah 48 Baht untuk penumpang dewasa dan 24 Baht untuk penumpang anak-anak, cukup murah sekali bukan untuk jarak tempuh sekitar 255 kilometer, hehehehe. Semua gerbong adalah kelas 3 atau kelas ekonomi dengan fasilitas kipas angin, huhuhuhu. Oh iya, untuk sementara ini tiket hanya bisa dibeli di loket pada stasiun setempat.

interior gerbong
interior gerbong

Sekedar tips dan saran, jika tujuan anda adalah ke arah Kamboja lebih baik pilih dan naik kereta yang berangkat pada pagi hari dari Bangkok (kereta nomor 275), jadi pada siang hari sudah sampai di Aranyaprathet dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Siem Reap atau ke Phnom Penh atau ke tujuan di Kamboja lainnya. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...