21 Oktober 2018

Tekanan Angin Ban Toyota Calya

Tekanan Angin Ban Toyota Calya
Tekanan Angin Ban Toyota Calya

Salah satu variabel penentu kenyamanan sebuah mobil ketika sedang dikendarai adalah tekanan angin pada seluruh bannya. Hmm, persoalan sepele tho? Hehehehe. Yup, ban yang tekanan anginnya kurang akan membuat laju mobil terasa lebih berat, kemudi menjadi lebih berat dan boros bahan bakar. Sementara ban yang tekanan anginnya berlebih akan membuat bantingan mobil sangat terasa, terlebih ketika melintasi jalanan yang tidak rata, huhuhuhu.

Lantas bagaimana cara mengetahui berapa tekanan angin ban pada sebuah mobil? Hmm, sebetulnya sangat mudah, yaitu dengan melihat label panduan tentang tekanan angin ban yang lazimnya terletak pada body mobil di sekitar pintu ruang kemudi atau pintu supir. Pada mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra label tersebut terletak seperti pada gambar berikut.

letak label panduan
letak label panduan
panduan besaran tekanan ban
panduan besaran tekanan ban

Nah, pada label tersebut tertulis jelas bahwa tekanan angin untuk ke-empat ban adalah senilai 36 psi atau 250 kPa, dengan syarat velg dan ban yang digunakan adalah ukuran standar pabrik, yaitu velg dengan ukuran diameter 14 inch (R14) dan ban dengan ukuran 175/65.

Hmm, akan tetapi menurutku nilai tersebut terlalu tinggi atau istilahnya ban terlalu keras atau kelebihan angin, terlebih apabila mobil hanya diisi oleh 2 orang dewasa. Sesuai pengalamanku baru terasa nyaman apabila tekanan anginnya dikurangi menjadi sekitar 30-32 psi. Nah, kalau sedang muatan penuh baru deh tekanan angin 35-36 terasa pas, hehehehe. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

3 komentar:

  1. Mantap gan cocok selagi diperlukan.. penting tapi jarang diperhatikan.. tks infonya

    BalasHapus
  2. iya gan trims info ny jdi tau sya letak label ukuran angin ban mobil calya,,mobil sya juga toyota calya

    BalasHapus