9 April 2018

Fungsi Kendali Dan Panel Instrumen Pada Jialing Kancil

Panel Speedometer Jialing Kancil (JL70-3)
Panel Speedometer Jialing Kancil (JL70-3)

Pada tulisan kali ini aku akan membahas tentang fungsi kendali dan panel instrumen pada sepeda motor imut-imut Jialing Kancil atau Jialing Pony (JL70-3). Hmm, sebenarnya sangat mudah untuk mempelajari dan menguasai fungsi kendali dan panel instrumen pada sepeda motor ini karena fiturnya minimalis dan 'seadanya', hehehehe.

Oke deh, pertama kita mulai dari panel speedometer. Panel speedometer pada sepeda motor ini berada di bagian atas-tengah setang. Bentuknya berupa kotak segi empat dan menyatu dengan lubang kunci kontak. Secara keseluruhan terdiri dari:
  • lubang kunci kontak (A),
  • spedometer dan odometer (B),
  • lampu indikator berwarna hijau untuk fungsi posisi transmisi netral (C),
  • lampu indikator berwarna biru untuk fungsi lampu jauh atau high beam (D),
  • lampu indikator berwarna hijau berkedip untuk fungsi lampu sein kanan (E),
  • lampu indikator berwarna hijau berkedip untuk fungsi lampu sein kiri (F).

panel speedometer
panel speedometer

Kemudian pada setang sebelah kanan atau handle sebelah kanan (A) berfungsi sebagai tuas akselerasi (gas). Cara mengoperasikannya adalah dengan memuntirnya atau memutarnya ke belakang dengan menggunakan tangan kanan untuk menambah akselerasi, sementara untuk mengurangi akselerasi cukup dilepas. Lalu di depan tuas akselerasi terdapat tuas rem depan (B). Cara mengoperasikannya adalah dengan menariknya atau menekannya ke belakang atau mendekati tuas akselerasi.

tuas akselerasi (gas) dan tuas rem depan
tuas akselerasi (gas) dan tuas rem depan

Masih pada bagian sebelah kanan setang, di sebelah tuas akselerasi terdapat saklar instrumen fungsi penerangan atau lampu-lampu. Terdapat 3 kondisi yaitu:
  • Kanan (tanda titik merah) = semua lampu dalam posisi mati.
  • Tengah (tanda P) = lampu speedometer, lampu posisi bagian depan (lampu senja) dan lampu belakang dalam posisi menyala.
  • Kiri (tanda lampu) = lampu speedometer, lampu depan dan lampu belakang dalam posisi menyala.
instrumen pada setang sebelah kanan
instrumen pada setang sebelah kanan

Kemudian kita beralih ke setang sebelah kiri, pada bagian ini terdapat 3 buah tombol dan saklar, dengan rincian:
  • A = Saklar lampu dekat-jauh (lampu depan). Posisi ke bawah = lampu dekat, posisi ke atas = lampu jauh.
  • B = Saklar lampu sein. Posisi tengah = lampu sein mati, posisi kanan = lampu sein kanan menyala, posisi kiri = lampu sein kiri menyala.
  • C = Tombol klakson
instrumen pada setang sebelah kiri
instrumen pada setang sebelah kiri

Nah, sekarang kita pindah ke bawah atau ke bagian yang dioperasikan dengan menggunakan kaki. Pada bagian sebelah kanan terdapat tuas starter - engkol (A) dan pedal rem belakang (B). Hmm, sudah pada mengerti lah ya bagaimana cara mengoperasikannya, hehehehe. Pada sepeda motor ini tidak tersedia tombol starter elektrik, jadi untuk menyalakan mesin dengan cara diengkol, huhuhuhu.

tuas starter - engkol (A) dan pedal rem belakang (B)
tuas starter - engkol (A) dan pedal rem belakang (B)

Sementara pada bagian kiri terdapat tuas transmisi. Cara mengoperasikannya adalah cukup diinjak sampai terdengar bunyi klek atau tanda transmisi berpindah. Untuk menaikkan gigi atau memindahkan transmisi dari netral (N) ke 1, 1 ke 2, 2 ke 3, dan 3 ke 4 adalah dengan cara menginjak tuas bagian depan, sementara untuk menurunkan gigi dengan cara menginjak tuas bagian belakang, atau bisa juga dengan mencongkel ke atas tuas bagian depan (biasanya cara ini sering dilakukan oleh pengendara yang terbiasa mengendarai motor jenis sport, hehehehe).

Oh iya, sistem perpindahan transmisi pada sepeda motor ini adalah N-1-2-3-4 atau 4-3-2-1-N, jadi dari posisi gigi 4 tidak bisa langsung ke N ataupun sebaliknya, dari N tidak bisa langsung ke gigi 4.

tuas transmisi (gigi)
tuas transmisi (gigi)

Kemudian adalah tutup tangki bahan bakar yang berada di atas tangki bahan bakar (lihat panah A), tutup tangki bahan bakar menggunakan kunci yang berbeda dengan kunci kontak atau kunci setang. Jangan lupa untuk menutup rapat dan mengunci tutup tangki bahan bakar setelah melakukan pengisian bahan bakar.

Lalu yang terakhir adalah letak lubang kunci setang (lihat panah B). Anak kunci setang sama dengan anak kunci kontak, hanya saja letak lubang kuncinya yang berbeda.

tutup tangki bahan bakar dan kunci setang
tutup tangki bahan bakar dan kunci setang

Oke deh, itulah pembahasan tentang fungsi kendali dan panel instrumen pada sepeda motor Jialing Kancil atau Jialing Pony (JL70-3). Minimalis sekali dan mudah dipahami serta mudah dioperasikan tho? Hehehehe. ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...