14 April 2018

Mengganti Roda Depan Kijang Super

Mengganti Roda Depan Kijang Super
Mengganti Roda Depan Kijang Super

Hari ini adalah jadwal rotasi ban Kirun (Toyota Kijang Super 5K-KF40), yaitu salah satu penghuni garasi di rumah. Hmm, pasal rotasi ban dan mengganti roda belakang pada mobil ini sudah pernah aku bahas pada tulisan sebelumnya, yang belum sempat aku tulis adalah pasal mengganti roda depan. Nah, kebetulan sore ini Mamasku dan Wulan (Tomboy) sedang berada di rumah dan waktu mereka sedang luang, ya jadi proses rotasi ban pun dilakukan sore ini, hehehehe.

Oke deh, mari kita lihat bagaimana prosesnya.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci roda ukuran 21', dongkrak dan pipa besi. Siapkan juga roda pengganti atau roda cadangan (roda serep).

    aneka peralatan
    aneka peralatan

  2. Posisikan mobil di tempat yang aman dan rata, kemudian aktifkan rem tangan. Apabila kegiatan ini dilakukan di sekitar jalan umum atau dalam kondisi darurat, letakkan tanda segitiga pengaman di depan dan belakang mobil, serta nyalakan lampu hazard. Setelah itu kendurkan 4 buah mur roda dengan menggunakan kunci roda, jika terasa sulit gunakan pipa besi sebagai alat bantu. Oh iya, karena mur roda berjumlah 4 buah, urutan mengendurkannya adalah secara menyilang atau diagonal. Pada langkah ini mur cukup dikendurkan saja, jangan dilepas dulu.

    kendurkan mur roda
    kendurkan mur roda

  3. Kemudian tempatkan dongkrak pada titik aman, lalu naikkan dongkrak.

    naikkan dongkrak
    naikkan dongkrak

  4. Kemudian lepaskan keempat mur roda, lalu lepas rodanya.

    roda telah dilepas
    roda telah dilepas

  5. Kemudian pasang roda pengganti, lalu pasang kembali keempat buah murnya.

    pasang roda pengganti
    pasang roda pengganti

  6. Kemudian turunkan dongkrak, setelah itu kencangkan seluruh murnya. Ingat, urutan mengencangkannya adalah secara menyilang atau diagonal.

    kencangkan mur roda
    kencangkan mur roda

  7. Selesai. ^,^

    selesai
    selesai

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...