18 April 2018

Cek Rem Tromol Roda Belakang Kijang Super

Rem Tromol Roda Belakang Kijang Super
Rem Tromol Roda Belakang Kijang Super

Kerjaan iseng-iseng kali ini adalah melihat dan memandu si Wulan (Tomboy) melakukan pengecekan atau pemeriksaan dan juga sekaligus melakukan pembersihan pada area rem roda belakang pada si Kirun (Toyota Kijang Super 5K-KF40). Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan kegiatan ini, hanya saja biasanya mayoritas pemilik kendaraan malas dan takut melakukannya karena dianggap ribet dan susah, hehehehe. Dan yang paling membuat takut adalah apabila rem tidak bisa berfungsi seperti sedia kala ketika selesai dilakukan acara main bengkel-bengkelannya.

Oke deh, mari kita lihat si Wulan melakukan dan menyalurkan hobi otomotifnya.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci roda ukuran 21', pipa besi dan dongkrak. Siapkan juga 2 buah baut ukuran 12' dan kunci sok ukuran 12', kedua alat ini berfungsi sebagai pengganti SST atau tracker untuk melepas bagian tromol. Untuk pembersihan siapkan sapu kecil atau kuas kecil, kain lap dan brake cleaner. Siapkan juga grease (gemuk) untuk pelumasan.

    anekan peralatan
    aneka peralatan

  2. Posisikan mobil di tempat yang aman dan rata, kemudian aktifkan rem tangan. Setelah itu kendurkan 4 buah mur pengundi roda dengan kunci roda dan pipa besi sebagai alat bantunya.

    kendurkan mur roda
    kendurkan mur roda

  3. Lalu tempatkan dongkrak pada titik aman, kemudian naikkan dongkraknya sampai roda terangkat atau sampai ban tidak menyentuh tanah.

    naikkan dongkrak
    naikkan dongkrak

  4. Kemudian lepaskan seluruh mur roda, lalu lepas rodanya.

    roda telah dilepas
    roda telah dilepas

  5. Perhatikan 2 buah lubang yang terdapat pada tromol (lihat tanda panah gambar atas). Lapisi atau olesi 2 buah baut ukuran 12' yang telah disiapkan dengan grease, lalu pasang 2 buah baut tersebut pada kedua lubang (lihat tanda panah gambar bawah). Kemudian gunakan kunci sok untuk memutarnya. Arah putaran searah jarum jam atau seperti mengencangkan baut pada umumnya. Apabila tersedia 2 buah kunci sok, lakukan pemutaran secara bersamaan, namun jika hanya tersedia 1 buah kunci sok, lakukan pemutaran secara bergantian dan sedikit demi sedikit pada setiap lubangnya. Kemudian tarik tromol untuk melepasnya. Jika masih terasa susah, goyang-goyangkan tromol sambil ditarik sampai tromol terlepas.

    lubang baut
    lubang baut
    pasang baut untuk melepas tromol
    pasang baut untuk melepas tromol

  6. Nah, setelah tromol dilepas proses pembersihan dan pemeriksaan bisa dilakukan. Gunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut agar terhindar dari debu dan kotoran ketika melakukan proses pembersihan. Sementara untuk pemeriksaan, perhatikan kondisi bagian tromol, kampas rem, silinder roda (wheel cylinder) dan karet seal-nya, selang rem dan pegas-pegasnya. Pastikan semua komponen-komponen yang berada di area tersebut berfungsi dan layak pakai.

    tromol telah dilepas
    tromol telah dilepas

  7. Setelah proses pembersihan dan pemeriksaan selesai, pasang kembali tromol pada tempatnya.

    pasang kembali tromol
    pasang kembali tromol

  8. Kemudian pasang kembali roda dan pasang juga murnya.

    pasang kembali roda
    pasang kembali roda

  9. Lalu turunkan dongkrak.

    turunkan dongkrak
    turunkan dongkrak

  10. Kemudian kencangkan seluruh mur pengunci roda.

    kencangkan mur roda
    kencangkan mur roda

  11. Nah, satu roda telah selesai dicek dan dibersihkan, sekarang lanjutkan dan lakukan hal yang sama untuk roda sebelahnya. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar