17 Maret 2021

Bahan Pengenyal Mie

Bahan Pengenyal Mie
Bahan Pengenyal Mie

Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya kepadaku tentang cara membuat mie (maksudnya proses membuat dari tepung terigu menjadi mie). Lantas aku beritahu resep beserta cara membuatnya. Setelah itu dia bertanya tentang 'air abu', salah satu bahan dari resep mie yang aku beritahu tersebut.

Yup, air abu adalah salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai pengenyal mie agar mie menjadi kenyal, lentur dan tidak mudah putus. Hmm, sebetulnya ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengenyal mie, tetapi aku biasa menggunakan air abu (berbentuk cairan) atau soda abu (berbentuk padat, serbuk) ketika membuat mie.

Oke deh, berikut sedikit penjelasan tentang air abu dan soda abu yang bisa anda pilih sebagai bahan pengenyal mie.

  • Air Abu
    Air abu atau dikenal juga dengan sebutan air khi, air alkali, lye water, kansui, ataupun soda cair adalah salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai bahan pengenyal mie dan beberapa jenis makanan lainnya. Air abu berbentuk cairan bening (tidak berwarna) atau ada juga yang berwarna kuning seperti minyak goreng (tergantung dari komposisi penyusunnya), sementara teksturnya seperti air biasa.

    Air abu biasanya dikemas dalam kemasan botol plastik atau botol kaca dan bisa didapatkan di toko bahan makanan atau bahan kue. Untuk takarannya biasanya aku menambahkan 3-4 sdm air abu per 500 gram tepung terigu. Menurutku penggunaan air abu lebih mudah dan praktis jika dibandingkan dengan bahan pengenyal mie lainnya.

    air abu (1)
    air abu (1)
    air abu (2)
    air abu (2)

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli air abu di sini:

    air abu
    shopee

    tokopedia

    blibli


  • Soda Abu
    Soda abu atau dikenal juga dengan soda ash, soda kie S, soda cuci ataupun garam alkali memiliki nama kimia sodium karbonat atau natrium karbonat (Na2CO3). Sebetulnya soda abu merupakan bentuk padat atau salah satu bahan pembentuk dari air abu. Berbentuk serbuk berwarna putih dan sifatnya mudah larut di dalam air.

    Soda abu biasanya dijual per kilogram atau 500 gram. Jika dibandingkan dengan air abu, harga soda abu lebih murah. Namun menurutku, untuk skala rumahan pembelian soda abu minimal 500 gram terlalu banyak, kecuali jika anda akan membuat mie setiap hari, hehehehe. Untuk takarannya biasanya aku melarutkan sekitar 1/2 sdm soda abu dengan sedikit air untuk digunakan per 500 gram tepung terigu. Oh iya, saat membeli soda abu pastikan yang berlabel food-grade.

    soda abu
    soda abu

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli soda abu (food grade) di sini:

    soda abu
    shopee

    tokopedia

    blibli

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar