11 Maret 2021

Cara Mengisi Informasi Pajak Adsense Tahun 2021 (Studi Kasus Pada WNI Tanpa NPWP)

Cara Mengisi Informasi Pajak Adsense Tahun 2021
Cara Mengisi Informasi Pajak Adsense Tahun 2021

Pada setiap tahunnya, bulan Maret dan April adalah bulan-bulan yang berhubungan dengan pajak, hohohoho. Nah, pada bulan Maret di tahun 2021 ini persoalan tentang pajak juga dialami oleh penayang (publisher) Google Adsense karena di negara asalnya, yaitu Amerika Serikat, ada perubahan aturan tentang perpajakan yang secara langsung berdampak kepada penayang Google Adsense, baik itu blogger, youtuber, developer aplikasi android, dan sebagainya yang bekerja sama dan mendapat penghasilan melalui Google.

email dari The YouTube Team tentang perubahan pajak
email dari The YouTube Team tentang perubahan pajak
isi lengkap email
isi lengkap email

Anda juga mendapat kiriman email seperti di atas? Hehehehe. Oke deh, ayo kita coba mengisi formulir tentang pajak penghasilan adsense tersebut. Oh iya, pada contoh kasus kali ini adalah untuk pemilik akun adsense dengan status Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak atau belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Simak penjelasan pada langkah-langkah berikut.
  1. Buka halaman beranda akun adsense anda, lalu klik 'KELOLA INFO PAJAK' (lihat tanda panah).

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian klik 'TAMBAHKAN INFO PAJAK' (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Kemudian anda akan diminta memasukkan sandi (password) akun Gmail anda untuk proses verifikasi.

    langkah 3
    langkah 3

  4. Pilih jenis akun adsense anda. Untuk akun pribadi yang dikelola atas nama sendiri pilih jenis akun 'Perorangan' (lihat panah A). Lalu klik 'BERIKUTNYA' (lihat panah B).

    langkah 4
    langkah 4

  5. Kemudian anda akan ditanya apakah anda adalah warga negara atau penduduk Amerika Serikat? Karena pada contoh kasus kali ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI), maka pilih 'Tidak' (lihat panah A). Lalu klik 'BERIKUTNYA' (lihat panah B).

    langkah 5
    langkah 5

  6. Kemudian akan diminta memilih jenis formulir pajak W-8. Pilih saja jenis formulir 'W-8BEN' (lihat panah A), lalu klik 'MULAI FORMULIR W-8BEN' (lihat panah B).

    langkah 6
    langkah 6

  7. Kemudian kita akan mulai mengisi formulir W-8BEN.
    Kolom Nama individu akan otomatis terisi sesuai dengan nama pada akun adsense anda, jadi abaikan saja (lihat opsi A pada gambar langkah 7A).
    Kolom Negara pengguna pilih 'Indonesia' (klik lalu pilih pada tanda panah B gambar langkah 7A).
    Kolom Nomor identifikasi wajib pajak diabaikan saja jika anda belum punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Namun jika anda punya NPWP silahkan isi sesuai dengan NPWP anda pada kolom TIN Asing (lihat panah A pada gambar langkah 7B).
    Kemudian klik 'BERIKUTNYA' (lihat panah B pada gambar langkah 7B)

    langkah 7A
    langkah 7A
    langkah 7B
    langkah 7B

  8. Kemudian anda akan diminta memasukkan alamat. Isiannya sesuaikan dengan informasi pada akun adsense anda (lihat kolom A-E). Lalu klik atau beri tanda centang pada opsi 'Alamat surat sama dengan alamat tempat tinggal tetap' (lihat kolom F).
    Setelah itu klik 'BERIKUTNYA' (lihat panah G).

    langkah 8
    langkah 8

  9. Pertanyaan tentang klaim perjanjian pajak pilih saja 'Tidak' (lihat panah A), lalu klik 'BERIKUTNYA' (lihat panah B).

    langkah 9
    langkah 9

  10. Pada proses pratinjau dokumen silahkan tinjau formulir yang telah anda isi dengan meng-klik tautan 'Formulir W-8BEN Default'. Apabila data pada formulir tersebut telah sesuai, benar dan lengkap, silahkan klik atau beri tanda centang pada opsi pernyataan meninjau dokumen (lihat panah A). Kemudian klik 'BERIKUTNYA' (lihat panah B).

    langkah 10
    langkah 10

  11. Selanjutnya adalah proses pernyataan atas nama dan tanda tangan. Jika data dan informasi yang digunakan saat mengisi formulir informasi pajak ini adalah berdasarkan atas nama diri anda sendiri, pilih opsi 'Ya'. Lalu klik 'BERIKUTNYA' (lihat tanda panah pada gambar langkah 11B).

    langkah 11A
    langkah 11A
    langkah 11B
    langkah 11B

  12. Untuk pertanyaan tentang aktivitas dan layanan yang dijalankan di Amerika Serikat, pilih saja 'Tidak' (lihat panah A pada gambar lankah 12A), lalu klik atau beri tanda centang pada opsi di bawahnya (lihat panah B pada gambar 12A).
    Sementara untuk pernyataan tertulis perubahan status, pilih saja opsi yang pertama (lihat panah A pada gambar lagkah 12B). Lalu klik 'KIRIM' (lihat panah B pada gambar langkah 12B).

    langkah 12A
    langkah 12A
    langkah 12B
    langkah 12B

  13. Apabila formulir anda disetujui, anda akan mendapatkan status 'Disetujui' (lihat panah A).
    Sementara untuk besar potongan kena pajak berdasarkan formulir W-8BEN Default adalah senilai 30% untuk penghasilan yang bersumber dari wilayah negara Amerika Serikat (lihat panah B).

    pengisian formulir informasi pajak telah disetujui
    pengisian formulir informasi pajak telah disetujui

  14. Kemudian anda akan mendapat kiriman email dari Google Payments tentang status informasi pajak anda. Silahkan buka dan cek email anda.

    kiriman email dari Google Payments (1)
    kiriman email dari Google Payments (1)
    kiriman email dari Google Payments (2)
    kiriman email dari Google Payments (2)

Kesimpulan berdasarkan studi kasus di atas adalah pemilik akun adsense dengan status Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak atau belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bisa mengisi formulir informasi pajak Amerika Serikat dengan ketentuan potongan penghasilan kena pajak senilai 30% untuk lalu lintas data pengunjung (viewer) yang berasal atau bersumber dari wilayah negara Amerika Serikat. Sementara untuk status WNI dengan NPWP kemungkinan akan mendapat potongan yang lebih kecil.

Nah, apabila formulir tersebut tidak diisi dan dikirim melewati batas waktu yang telah ditentukan (31 Mei 2021), maka akun adsense tersebut akan dianggap berdomisili di wilayah negara Amerika Serikat dan mengikuti aturan pajak warga negara tersebut, yaitu akan dikenakan potongan senilai 24% dari total penghasilan yang didapat.

Tonton video-nya di sini:

2 komentar:

  1. Poin 9 sebaiknya pilih "YA" supaya bisa klaim potongan pajak 0%

    BalasHapus

Loading...