3 Maret 2019

Cara Mudah Membuat Mie Untuk Mie Ayam

Mie Homemade ala Rika
Mie Homemade ala Rika

Acara iseng-iseng kali ini adalah membuat mie untuk mie ayam. Hmm, sebetulnya cara membuatnya hampir sama dengan membuat mie basah, hanya saja tidak perlu direbus terlebih dahulu sebelum disimpan. Proses merebusnya baru dilakukan pada saat mie akan disajikan. Apabila anda sudah pernah mencoba resep dan membuat mie basah sesuai dengan resep pada tulisan-tulisanku sebelumnya, aku yakin resep kali ini akan lebih mudah dieksekusinya, hehehehe.

Oh iya, pada tulisan kali ini aku hanya fokus pada resep dan cara pembuatan mie, sementara untuk resep dan pembuatan topping ayamnya akan aku bahas di kemudian hari. Hmm, atau baca kembali tulisan tentang Mie Ayam Darurat yang pernah aku bagikan beberapa waktu yang lalu, secara resepnya sama kok, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara main masak-masakannya.

Bahan-bahan:
-  500 gr tepung terigu
-  3-4 sdm air abu
-  1/2 sdt garam
-  200 ml air
-  Secukupnya tepung tapioka

Cara pembuatan:
  1. Campur tepung terigu, garam, air abu dan air. Lalu bentuk menjadi sebuah adonan menyatu.

    siapkan bahan-bahan
    siapkan bahan-bahan
    adonan telah menyatu
    adonan telah menyatu

  2. Kemudian bagi menjadi adonan-adonan kecil. Hmm, adonan kecil ini nantinya adalah satuan porsi mie. Sebagai referensi, pada kasus kali ini adonan aku bagi menjadi 10 adonan kecil yang artinya adalah jumlah porsi mie yang akan terbentuk sebanyak 10 porsi. Oh iya, satuan ini tidak baku, jadi suka-suka dan sesuaikan dengan porsi anda sendiri yah, hehehehe.

    bagi menjadi adonan kecil
    bagi menjadi adonan kecil

  3. Kemudian pipihkan atau giling adonan dengan menggunakan ampia (gilingan mie). Biasanya aku menggiling setiap adonan sebanyak 4 kali giling dengan setelan gilingan di nomor 2 dan 4 (masing-masing setelan sebanyak 2 kali giling).

    pipihkan adonan
    pipihkan adonan

  4. Kemudian lapisi adonan yang telah dipipihkan dengan tepung tapioka. Lapisi di seluruh bagian (atas-bawah). Fungsi dari lapisan tapioka adalah agar mie tidak lengket setelah dibentuk dan selama disimpan.

    lapisi tepung tapioka
    lapisi tepung tapioka

  5. Kemudian giling adonan menjadi bentuk mie. Setelah itu pisahkan per porsi agar mudah mengambilnya ketika nanti akan dimasak.

    giling adonan menjadi bentuk mie
    giling adonan menjadi bentuk mie
    pisahkan per porsi
    pisahkan per porsi

  6. Kemudian taruh dan simpan mie di dalam wadah yang bisa ditutup rapat, lalu simpan di dalam kulkas atau lemari pendingin agar bisa lebih bertahan lama. Hmm, apabila tidak tersedia wadah yang bisa ditutup rapat, mie bisa juga disimpan dengan cara dibungkus per porsi (satuan) ke dalam kantong plastik, lalu simpan di dalam kulkas atau lemari pendingin. Selesai deh. Mudah kan? ^,^

    simpan mie di dalam wadah yang bisa ditutup rapat
    simpan mie di dalam wadah yang bisa ditutup rapat

Untuk menyajikannya, mie terlebih dulu harus direbus karena mie masih dalam keadaan mentah ketika disimpan. Berbeda dengan mie basah yang sudah direbus terlebih dahulu sebelum disimpan. Hmm, cara menyajikannya cukup mudah kok, pernah lihat penjual mie ayam kan? Secara prosesnya sama, hehehehe.

Cara penyajian:
  1. Didihkan air untuk merebus mie.

    didihkan air
    didihkan air

  2. Rebus mie sampai matang. Lama merebus cukup sekitar 2 menit. Jangan terlalu lama merebusnya agar mie tidak menjadi lembek. Oh iya, merebusnya juga bisa sekalian dengan merebus sawi.

    proses merebus mie
    proses merebus mie

  3. Kemudian angkat dan tiriskan.

    tiriskan
    tiriskan

  4. Kemudian sajikan dalam sebuah mangkuk atau wadah.

    sajikan
    sajikan

  5. Kemudian tambahkan topping daging ayam dan beri kuah secukupnya. Tambahkan juga saus sambal dan kecap sesuai selera. Mie Ayam ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Mie Ayam ala Rika
    Mie Ayam ala Rika

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...