20 Oktober 2018

Toyota Calya Pakai Velg 15 Inch (R15)

Toyota Calya Pakai Velg R15
Toyota Calya Pakai Velg R15

Mobil Toyota Calya tipe G oleh produsennya dibekali velg ukuran diameter 14 inch (R14) dengan balutan ban ukuran 175/65. Hmm, mayoritas yang sudah pernah melihatnya secara langsung pasti setuju kalau velg dan ban pada mobil yang termasuk ke dalam segmen lcgc (low cost green car) tersebut terlihat sangat mungil dan kurang gagah, hehehehe.

Cara mudah yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil untuk menghilangkan tampilan roda mungil tersebut adalah dengan cara mengganti velg yang diameternya lebih lebar atau dengan mengganti ban yang nilai aspek rasionya lebih besar (profil ban tebal).

Oh iya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila anda ingin mengganti ukuran velg dan ban. Pertama yaitu ukuran pcd (pitch circle diameter) atau jarak antar lubang baut velg. Sebagai informasi, ukuran pcd standar pada mobil ini adalah 4x100. Jadi mudahnya, cari velg baru dengan ukuran pcd 4x100 agar bisa tinggal pasang (plug and play). Untuk velg aftermarket atau variasi juga bisa dipilih yang ukurannya 8x100/114,3.

Hal kedua adalah ukuran diameter velg baru yang akan dipasang. Hmm, secara amannya hal ini tergantung dari ruang yang tersedia di sekitar fender, biasanya ukuran velg dinaikkan sebanyak 2 step atau 2 inch. Sebagai contoh, jika velg standar berukuran diameter 14 inch, maka amannya velg baru adalah berukuran diameter 16 inch.

Hal selanjutnya adalah ukuran offset (ET) velg baru yang akan dipasang. Hmm, agak njlimet dan akan panjang apabila membahas dan menentukan nilainya yang pas karena diperlukan perhitungan yang presisi, hehehehe. Pada dasarnya penentuan nilai offset ini bertujuan agar secara tampilan roda sedap dipandang dan juga dapat berfungsi maksimal atau bergerak leluasa ketika berbelok dan melintasi berbagai medan jalan. Sebagai acuan dan berdasarkan kasus di lapangan, dapat dipilih nilai offset sekitar ET30 sampai ET45.

ukuran ban 185/55 R15
ukuran ban 185/55 R15

Apabila velg baru telah didapat, hal berikutnya adalah memilih ban yang akan digunakan. Hmm, lazimnya apabila diameter velg dinaikkan maka nilai aspek rasio ban dikurangi. Selain bertujuan untuk meminimalisir deviasi pada speedometer karena diameter velg dinaikkan, pemasangan ban dengan profil yang lebih tipis juga lebih terlihat elegan dan eye-catching, hehehehe.

Nah, pada kasus mobil Toyota Calya tipe G keluaran tahun 2018 ini velg yang dipilih adalah velg dengan diameter ukuran 15 inch (R15) dan ban dengan ukuran 185/55. Seperti inilah penampilannya. ^,^

tampak depan samping
tampak depan samping
tampak belakang samping
tampak belakang samping
tampak samping
tampak samping

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar