19 Oktober 2018

Tutup Radiator Toyota Calya

Tutup Radiator Toyota Calya
Tutup Radiator Toyota Calya

Hmm, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan sedikit tentang apa itu tutup radiator (radiator cap) pada mobil Toyota Calya (3NR-VE). Sesuai namanya fungsi benda ini adalah sebagai benda untuk menutup suatu lubang pada radiator. Pada saat mesin dalam kondisi dingin, tutup radiator berfungsi sebagai penutup lubang tempat pengisian cairan radiator. Akan tetapi ketika mesin bekerja atau mesin dalam kondisi panas, selain sebagai penutup lubang radiator benda ini juga berfungsi sebagai pengatur sirkulasi aliran cairan radiator di antara radiator dan tabung cadangan (reservoir) agar mesin dapat bekerja dalam suhu yang ideal.

Pertanyaannya, kapan tutup radiator tersebut harus diganti? Hmm, sebetulnya mudah cara mengetahuinya, yaitu cukup perhatikan fisik dari tutup radiator tersebut. Pada bagian bawah atau bagian dalam terdapat karet dan pegas atau per. Nah, perhatikan kondisi fisik dari karet tersebut, apabila kondisi karet sudah retak-retak, getas, rontok atau tidak elastis lagi segera ganti tutup radiator tersebut dengan yang baru.

Begitu juga dengan kondisi pegas atau pernya, apakah masih bekerja dengan baik (tekanan pegasnya). Atau apabila radiator pada mobil tersebut menggunakan air biasa (air sumur, air ledeng atau air apalah namanya) biasanya pada tutup radiator tersebut sering dijumpai kasus mudahnya timbul karat jika jarang dibersihkan.

108 kPa
108 kPa

Tutup radiator pada mobil Toyota Calya ini menggunakan tutup radiator dengan ukuran tekanan 108 kPa atau 1.1 barHmm, apabila anda ingin menggunakan tutup radiator merk lain, pastikan bentuk dan ukuran tekanannya sama (108 kPa atau 1.1 bar). Nah, apabila mobil anda menunjukkan gejala overheat atau cairan radiator sering berkurang, terlebih dahulu cobalah periksa kondisi tutup radiator sebelum memeriksa komponen sistem pendingin lainnya, barangkali masalahnya hanya terletak pada tutup radiator. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar