5 November 2017

Bajigur Sederhana

Bajigur Sederhana ala Rika
Bajigur Sederhana ala Rika

Bajigur? Hmm, mungkin di sekitar wilayah Lampung minuman ini terdengar agak asing karena tidak dijajakan secara tradisional (ala pedagang keliling) dan tidak dijajakan di kedai tepi jalan, hanya dijual di kedai-kedai tertentu. Berbeda halnya dengan bandrek, sekoteng, ronde atau STMJ (susu-telur-madu-jahe) yang sangat familiar dan mudah ditemui di sekitar wilayah Lampung.

Minuman ini sejatinya berasal dari daerah Jawa Barat, akan tetapi aku mengenal bajigur ketika aku hidup di Jakarta. Aku sering membeli bajigur ketika sore hari di pedagang keliling (abang-abang gerobak), biasanya selain menjual bajigur pedagang tersebut juga menjual kacang rebus, ubi rebus dan pisang rebus. Hmm, kalau anda pernah hidup di sekitar wilayah Jakarta pada medio tahun 90-an, anda pasti tidak asing dengan minuman jajanan yang dikemas di dalam plastik yang pada bagian bawahnya ditarik sehingga berbentuk unik, hehehehe.

kemasan bajigur di daerah Jakarta
kemasan bajigur di daerah Jakarta
kemasannya unik, hehehehe
kemasannya unik, hehehehe

Oke deh, ayo kita mulai acara membuat ramuan bajigurnya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  50 gram gula merah, sisir halus
-  65 ml santan kemasan (1 kemasan kecil Sun Kara)
-  2 rimpang kecil jahe (50 gram), iris lalu geprek
-  5 cm kayu manis
-  1 lembar daun pandan
-  Secuil garam
-  450 ml air

Bahan tambahan (opsional):
-  1 sdt kopi bubuk
-  kolang-kaling

aneka bahan
aneka bahan

Cara pembuatan:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci, lalu rebus dengan api kecil.
    Karena pada kasus kali ini aku menggunakan santan kemasan yang siap saji (sudah matang) jadi santan tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Apabila menggunakan santan segar, rebus terlebih dahulu santan, garam dan air sampai mendidih, baru kemudian tambahkan bahan-bahan lainnya.

    proses merebus
    proses merebus

  2. Tunggu sampai mendidih dan gula merah larut. Sesekali aduk rata. Jika air, gula merah dan santan telah menyatu artinya telah rebusan telah matang, matikan api kompor.

    rebusan telah matang
    rebusan telah matang

  3. Lalu siapkan 2 gelas ukuran sekitar 200 ml, kemudian saring dan tuang rebusan ke dalam gelas. Sajikan dan nikmati selagi hangat.

    sajikan
    sajikan

  4. Tarraaa, Bajigur Sederhana ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Bajigur Sederhana ala Rika
    Bajigur Sederhana ala Rika

Catatan:
  • Di daerah Jawa Barat, bajigur disajikan dengan kolang-kaling.
  • Lazimnya bajigur dinikmati selagi hangat karena mengandung santan yang apabila dalam keadaan dingin kandungan santan akan mengambang atau terpisah dari larutan dengan sendirinya. Akan tetapi bajigur juga bisa dinikmati dalam kondisi dingin dengan tambahan es batu.
bajigur kondisi dingin
bajigur kondisi dingin

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar