11 April 2014

Kesenian Gitar Tunggal

Gitar Tunggal
Gitar Tunggal

Gitar Tunggal adalah salah satu kesenian musik yang berkembang di sekitar daerah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel), termasuk di antaranya Sumatera Selatan, Lampung, Jambi dan Bengkulu. Di Lampung juga dikenal dengan sebutan Gitar Klasik Lampung dan Peting Tunggal, sementara di daerah Sumatera Selatan dikenal dengan istilah Tembang Batanghari Sembilan.

Disebut 'gitar tunggal' karena musik yang dimainkan hanya diiringi oleh satu alat musik saja, yaitu gitar. Konon kesenian ini adalah akulturasi dari Melayu, Portugis, Arab (Timur Tengah) dan Belanda. Di mana pada awalnya dibawa oleh bangsa Portugis (waktu itu dalam bentuk gitar Portugis), lalu para pedagang dari jazirah Arab memperkenalkan sentuhan irama gambus (oud) khas Timur Tengah, kemudian Belanda datang mengenalkan gitar akustik modern. Terakhir disempurnakan oleh para seniman lokal sehingga terdengar seperti sekarang ini.

Oleh masyarakat setempat gitar tunggal dimainkan untuk mengiringi syair atau lirik seperti pantun. Biasanya berisi nasehat, petuah, pesan, harapan atau juga kritik tentang yang terjadi di lingkungan sekitar. Pola irama musik gitar tunggal di setiap daerah secara sekilas terdengar serupa, namun uniknya menggunakan lirik dengan bahasa yang berbeda, sesuai dengan bahasa daerah setempat. Misalnya di daerah Lampung liriknya menggunakan bahasa Lampung, sementara di daerah Semendo tentu liriknya menggunakan bahasa Semendo.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli gitar akustik di sini:

gitar akustik
shopee

tokopedia

lazada

blibli


Saat ini gitar tunggal pada umumnya dimainkan dengan menggunakan gitar akustik modern, namun untuk dapat memainkannya diperlukan penyesuaian penalaan atau penyeteman (tuning) ulang karena susunan nadanya agak sedikit berbeda dari penyeteman standar gitar pada umumnya. Nah, uniknya di lapangan ada beberapa model penyeteman yang tentunya berbeda-beda. Pada intinya penyeteman dilakukan untuk menyesuaikan dengan irama lagu dan suara vokalis, serta mempermudah permainan jemari tangan.

Di bawah ini salah satu contoh model penyeteman gitar tunggal dan letak perbedaannya dengan stem gitar standar.

perbandingan stem (tuning) antara gitar standar dan gitar tunggal
perbandingan stem (tuning) antara gitar standar dan gitar tunggal

Pada tabel di atas dijelaskan bahwa nada pada senar 5 dinaikkan sebanyak 1 nada (dari nada A ke nada B), sementara nada senar 3 diturunkan sebanyak ½ nada (dari nada G ke nada F#).

Nah, apabila telah dilakukan penyeteman sesuai dengan yang diinginkan, maka selanjutnya adalah mempelajari teknik penjarian (jemari tangan kiri) dan teknik petikan (jemari tangan kanan). Gitar tunggal umumnya dimainkan dengan kombinasi petikan bass dan melodi yang diulang-ulang. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel di bawah ini.

teknik memainkan gitar tunggal
teknik memainkan gitar tunggal

Oke deh, apakah anda tertarik untuk mempelajari dan bermain gitar tunggal? ^,^


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli gitar akustik di sini:

gitar akustik
shopee

tokopedia

lazada

blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar