4 April 2014

Cara Membuat Cincau Hijau

Cincau Hijau ala Rika
Cincau Hijau ala Rika

Salah satu minuman segar yang banyak dijajakan di siang hari secara tradisional adalah es cincau. Es cincau yang terdiri dari komposisi cincau hijau (atau hitam), air gula merah, santan dan es serut adalah minuman penghilang dahaga di kala teriknya siang hari, hehehehe.

Jenis tanaman cincau yang akan aku olah kali ini adalah jenis cincau rambat (Cyclea barbata) atau grass jelly. Sebagai informasi, ada 3 jenis tanaman yang bisa diolah menjadi cincau, yaitu cincau hitam (Mesona palustris), cincau perdu (Melasthoma polyanthum) dan cincau rambat (Cyclea barbata). Oh iya, cincau ini memiliki banyak khasiat lho, salah satunya adalah sebagai penurun panas dalam.

Oke deh, ayo kita mulai acara membuat cincaunya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  100 gr daun cincau
-  Air secukupnya

Cara pembuatan:
  1. Cuci bersih daun cincau, lalu iris.

    daun dicuci bersih
    daun dicuci bersih
    iris daun cincau
    iris daun cincau

  2. Kemudian ulek daun cincau yang telah diiris, lakukan sampai daun mengeluarkan lendir.
    Oh iya, langkah ini sebetulnya bisa diabaikan atau tidak perlu diulek, tapi langsung diberi air secukupnya lalu diremas-remas (langkah berikutnya). Aku melakukannya untuk menghemat tenaga ketika proses meremas-remas daun cincau.

    ulek daun cincau
    ulek daun cincau

  3. Kemudian taruh daun cincau yang telah diulek tersebut ke dalam sebuah baskom atau wadah. Beri air secukupnya lalu diremas-remas agar lendirnya semakin keluar.

    beri air lalu diremas-remas
    beri air lalu diremas-remas

  4. Siapkan saringan, lalu saring daun cincau yang telah diremas-remas tersebut. Cukup diambil air hasil saringannya saja.

    saring dan ambil airnya
    saring dan ambil airnya
    air hasil saringan
    air hasil saringan

  5. Kemudian pindahkan air hasil saringan tersebut ke dalam wadah lainnya. Sebaiknya wadah yang ada tutupnya. Setelah itu diamkan sejenak sampai air hasil remasan tersebut mengeras dan mengenyal.

    taruh di dalam wadah
    taruh di dalam wadah

  6. Kemudian simpan di dalam lemari es agar tahan lebih lama. Selesai. ^,^

    simpan di dalam lemari es
    simpan di dalam lemari es

Cara penyajiannya cukup mudah, anda bisa menambahkannya dengan air gula merah dan santan, atau bisa juga dengan menambahkan sirup beraroma coco pandan atau melon, atau sesuai dengan selera dan kreasi anda, hehehehe. ^,^

cara penyajian (1)
cara penyajian (1)
cara penyajian (2)
cara penyajian (2)
cara penyajian (3)
cara penyajian (3)

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

2 komentar: