5 April 2014

Tips Memilih Ikan Segar

Tips Memilih Ikan Segar
Tips Memilih Ikan Segar

Ikan adalah salah satu makanan sumber protein hewani yang bergizi tinggi dengan segala kandungan baik di tubuhnya. Selain itu ikan juga merupakan sumber protein hewani yang harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti sapi, kambing, domba atau ayam. Sebagai warga negara Indonesia yang wilayahnya di kelilingi laut, kita mesti bersyukur karena bisa dengan mudah mengkonsumsi dan menikmati salah satu sumber protein hewani bergizi tinggi tersebut.

Oh iya, selain terdapat di laut, ikan juga dapat dengan mudah dijumpai di perairan air tawar (sungai, danau atau kolam) di negeri ini, seperti ikan gurame, lele, gabus, nila, patin, bawal, mujair, ikan mas dan ikan air tawar lainnya. Untuk kasus ikan air tawar, komoditas ini sudah banyak dibudidayakan sehingga kita dapat dengan mudah mendapatinya dalam kondisi segar di pasar. Ikan air tawar biasanya dijual dalam kondisi masih hidup dan baru dieksekusi ketika akan dibeli oleh konsumen.

Pada kasus ikan laut, kita sebagai konsumen harus lebih jeli dan cerdas ketika akan membelinya. Masih terdapat kasus di lapangan kondisi ikan yang dijual biasanya sudah tidak segar atau sudah terlalu lama disimpan atau di-es (dibekukan), terutama di wilayah yang letaknya jauh dari laut. Selain itu masih ada juga ikan yang dijual adalah ikan yang ditangkap dengan cara yang tidak benar dan dilarang, yaitu seperti di-potas (diracun) dan di-bom. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah ikan yang dijual sudah terlebih dahulu diberi formalin untuk tujuan pengawetan.

Oke deh, pada tulisan kali ini aku akan memberikan tips dalam memilih ikan segar ketika akan dibeli. Simak penjelasan berikut.
  1. Pertama, pastikan daging ikan masih elastis (A). Caranya tekan tubuh ikan dengan jari tangan anda, daging ikan yang masih segar akan terasa kenyal atau elastis dan kembali seperti semula setelah tekanan jari dilepas. Lalu perhatikan juga kondisi sirip-siripnya (B-C-D), pastikan masih menyatu erat pada tubuhnya.

    periksa daging dan sirip-siripnya
    periksa daging dan sirip-siripnya

  2. Kemudian pastikan sisik ikan masih terlihat bagus dan mengkilat, serta masih menempel kokoh dan tidak mudah rontok. Sementara untuk ikan yang tidak bersisik, pastikan kulit tubuhnya masih utuh dan tidak mudah koyak.

    periksa sisik dan kulitnya
    periksa sisik dan kulitnya

  3. Kemudian pastikan mata ikan masih terlihat bagus dan jernih.

    periksa matanya
    periksa matanya

  4. Lalu pastikan insangnya masih berwarna merah segar atau tidak pucat.

    periksa insangnya
    periksa insangnya

  5. Kemudian periksa bau atau aromanya, ikan yang masih segar akan beraroma amis atau anyir alami khas ikan, bukan beraroma bau amis busuk.

    periksa aromanya
    periksa aromanya

Semoga bermanfaat dan selamat berburu ikan segar di pasar. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...