6 Januari 2014

Susunan Nada (Not) Pada Gitar

Gitar Akustik
Gitar Akustik

Sebelum mempelajari tentang akor (chord) atau yang lazim disebut kunci gitar pada alat musik gitar, ada baiknya jika kita mengetahui dan mengerti tentang nada-nada yang tersusun pada alat musik tersebut. Dengan begitu kita dapat mengetahui bagaimana chord dapat terbentuk atau kita dapat memahami mengapa kunci C bentuknya seperti itu, lalu pada kunci G bagaimana susunan jari kita menekan senar-senar pada fretboard, dan sebagainya.

Penalaan (stem atau tuning) standar pada alat musik gitar susunan nadanya adalah E-A-D-G-B-E (senar 6-5-4-3-2-1), sementara jumlah fret pada gitar akustik standar berjumlah 20 fret (atau pada gitar elektrik lazimnya berjumlah 22 fret). Interval antara setiap fret adalah ½ laras (nada) yang artinya menggunakan skala kromatik sehingga dalam satu oktaf terdiri dari 12 nada. Hmm, jika menggunakan nada C = do, maka susunan nada tersebut adalah C, C#, D, D#, E, F, F#, G, G#, A, A#, B.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli gitar akustik di sini:

gitar akustik
shopee

tokopedia

lazada

blibli


Dengan ketentuan di atas, maka dapat dengan mudah kita ketahui nada-nadanya pada setiap senar, dari posisi loss senar (senar tanpa ditekan) sampai ke fret 20 (senar ditekan pada fret 20).
  • Senar 6
    E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C

  • Senar 5
    A - A# - B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D# - E - F

  • Senar 4
    D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A#

  • Senar 3
    G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D#

  • Senar 2
    B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G

  • Senar 1
    E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C - C# - D - D# - E - F - F# - G - G# - A - A# - B - C

Sebetulnya cukup disusun dari posisi loss senar sampai ke posisi fret 12 karena nada pada fret 13 dan seterusnya adalah pengulangan dari nada pada fret 1 hanya naik 1 oktaf. Nah, maka dari itu pada fretboard gitar di kolom ke-12 diberi tanda titik dua untuk memudahkan yang memainkannya. Oke deh, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel di bawah ini.

tabel susunan nada pada gitar
tabel susunan nada pada gitar

Yup, dengan mengetahui dan memahami susunan nada pada alat musik gitar akan membuat kita lebih mudah dalam menyusun akor (chord) dan atau lebih mudah dalam menyusun nada-nada untuk memainkan melodi pada alat musik tersebut. Oke deh, semoga bermanfaat. ^,^


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli gitar akustik di sini:

gitar akustik
shopee

tokopedia

lazada

blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar