December 19, 2017

Es Jeruk Kunci

Es Jeruk Kunci ala Rika
Es Jeruk Kunci ala Rika

Yup, berhubung aku sedang berada di Pulau Belitung, aku akan memberitahu cara membuat minuman khas setempat, yaitu Es Jeruk Kunci. Sebagai informasi, jeruk kunci sangat mudah dijumpai di pulau ini, sehingga oleh penduduk setempat sering dimanfaatkan dan diolah menjadi minuman es jeruk dan jeruk hangat. Selain itu lazim juga digunakan sebagai bahan pelengkap sambal dan bahan pelengkap masakan lainnya. Hmm, mungkin kalau di daerah lain fungsinya hampir sama dengan jeruk sambal, jeruk sate atau jeruk purut, walaupun aromanya agak-agak berbeda, hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acara membuat es jeruk kuncinya.

Bahan-bahan:
-  3 buah jeruk kunci ukuran kecil-sedang (atau 2 buah ukuran sedang-besar)
-  3-4 sdt gula pasir
-  50 ml air hangat
-  150 ml air
-  Es batu secukupnya

Cara pembuatan:
  1. Siapkan jeruk kunci. Pilih jeruk yang masih dalam keadaan utuh dan tidak cacat (bisa dilihat dari permukaan kulitnya yang bersih, tidak memar dan tidak sobek). Apabila jeruk dalam keadaan dingin (disimpan di dalam lemari es) diamkan dulu sejenak di tempat sejuk sampai jeruk berkeringat (basah karena proses menyesuaikan dengan suhu sekitar), kemudian lap bagian yang berkeringat.
  2. Setelah itu gelindingkan jeruk pada permukaan yang rata atau bisa juga digelindingkan pada kedua telapak tangan, kemudian pijat-pijatlah jeruk tersebut dengan perlahan. Kegiatan ini berguna untuk memperlunak daging buah jeruk sehingga airnya akan mudah keluar ketika diperas.
  3. Kemudian gunakan pisau yang tipis, tajam dan bersih untuk membelahnya, lalu belah jeruk tersebut secara melintang. Setelah dibelah, perhatikan apakah ada biji jeruk yang terbelah. Jika ada segera buang, sementara biji jeruk yang utuh atau tidak terbelah biarkan saja.
    Kenapa biji jeruk yang terbelah harus segera dibuang? Yup, karena biji jeruk yang terbelah tersebut mengeluarkan getah yang pahit, sehingga apabila tidak langsung dibuang atau tidak disisihkan getahnya akan menyebar ke bagian lainnya.

    belah jeruk secara melintang
    belah jeruk secara melintang

  4. Kemudian siapkan gelas berukuran 300 ml, lalu tempatkan saringan teh di atas gelas tersebut. Setelah itu peraslah jeruk secara manual dengan tangan. Jangan terlalu kuat memerasnya karena akan mengakibatkan getah yang terkandung di dalam kulit jeruk akan keluar dan ikut terperas.

    peras jeruk
    peras jeruk
    hasil perasan
    hasil perasan

  5. Kemudian tuang air hangat ke dalam gelas melalui saringan. Lalu tambahkan gula pasir, kemudian kocok rata sampai gula larut atau sampai semua komposisi menyatu.

    tuang air hangat
    tuang air hangat
    tambahkan gula pasir
    tambahkan gula pasir

  6. Kemudian tambahkan air, lalu kocok rata.

    tambahkan air
    tambahkan air

  7. Kemudian tambahkan es batu sampai gelas terisi penuh atau sesuai selera, lalu sajikan.

    tambahkan es batu
    tambahkan es batu

  8. Tarraaa, Es Jeruk Kunci ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Es Jeruk Kunci ala Rika
    Es Jeruk Kunci ala Rika

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment