November 19, 2017

Mengganti Filter Oli Mesin Daihatsu Terios

Filter Oli Mesin Daihatsu Terios
Filter Oli Mesin Daihatsu Terios

Selain mengganti oli mesin secara periodik, salah satu komponen penting di sekitar bagian mesin yang harus diganti secara periodik juga adalah filter oli mesin. Sesuai dengan namanya, komponen ini berfungsi sebagai penyaring oli mesin ketika mesin sedang beroperasi atau saat oli mesin sedang bersirkulasi.

Filter oli mesin menurut anjuran harus diganti setiap 10.000 kilometer atau bisa di bawah angka tersebut apabila mobil sering dikendarai di wilayah berdebu atau dalam kondisi khusus. Lazimnya penggantian komponen ini bersamaan dengan penggantian oli mesin, yaitu setelah mobil menempuh jarak sekitar 10.000 kilometer. Hmm, tetapi kasus di lapangan ada juga yang melakukan penggantian filter oli mesin setiap setelah dua kali melakukan penggantian oli mesin.

Untuk melakukan penggantian filter oli mesin diperlukan alat khusus (SST = Special Service Tool) berupa kunci filter. Ada beberapa jenis kunci filter yang secara fungsi sama tetapi bentuknya berbeda, ada yang model mangkuk (yang lazim digunakan di bengkel resmi), ada yang model rantai dan ada juga yang model sabuk. Nah, pada kasus kali ini aku akan menggunakan kunci filter model sabuk yang nama lainnya adalah strap wrench.

kunci ring 14' dan strap wrench
kunci ring 14' dan strap wrench

Hmm, karena prosedur penggantian filter oli mesin adalah satu rangkaian dengan penggantian oli mesin, maka ada baiknya terlebih dahulu anda membaca tulisan Mengganti Oli Mesin Daihatsu Terios, baca dan ikuti langkah-langkahnya sampai pada langkah ke-5, kemudian baru ikuti langkah-langkah yang aku jelaskan di bawah ini, hehehehe.
  1. Lepaskan filter oli mesin yang berada di sekitar sebelah kiri bawah mesin (lihat tanda panah), gunakan strap wrench untuk mengendurkannya, lalu lepaskan dengan cara memutarnya dengan tangan.

    lepas filter oli mesin
    lepas filter oli mesin
    gunakan alat khusus filter oli mesin
    gunakan alat khusus filter oli mesin

  2. Siapkan filter oli mesin yang baru, lumasi atau olesi bagian permukaan bawahnya (bagian yang menempel pada dudukannya) dengan oli mesin.

    lumasi dengan oli mesin
    lumasi dengan oli mesin

  3. Kemudian pasang filter oli yang baru tersebut pada dudukannya. Cukup diputar dengan tangan sampai dirasa agak susah diputar (lihat gambar atas), lalu kencangkan dengan strap wrench (lihat gambar bawah).

    pasang filter oli mesin yang baru
    pasang filter oli mesin yang baru
    kencangkan dengan alat khusus (strap wrench)
    kencangkan dengan alat khusus (strap wrench)

  4. Selesai. ^,^

Nah, sampai di sini lanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu mengisi oli mesin yang baru (atau pada langkah ke-6 atau ke-7 pada artikel Mengganti Oli Mesin Daihatsu Terios sampai dengan selesai).


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment