11 November 2017

Nomor Rangka Dan Nomor Mesin - Daihatsu Terios R-Adventure

Daihatsu Terios R-Adventure
Daihatsu Terios R-Adventure

"Ka, nomor rangka dan nomor mesin Terios ada di mana sih?" Yup, beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya seperti itu kepadaku. Hmm, oke deh, silahkan simak penjelasan berikut, hehehehe.

Sebenarnya sangat mudah mengetahui di mana letak nomor rangka dan nomor mesin mobil Daihatsu Terios. Hmm, pada tulisan kali ini aku menggunakan contoh mobil Daihatsu Terios R-Adventure keluaran tahun 2016. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka kap ruang mesin.

ruang mesin
ruang mesin

Nah, perhatikan gambar ruang mesin di atas. Dengan melihat gambar tersebut aku rasa sangat mudah dan sangat jelas untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mesin pada mobil Terios, hehehehe.

Untuk nomor rangka terletak pada chassis bagian depan sebelah kiri, di sekitar spakbor roda depan sebelah kiri (lihat tanda panah di gambar berikut).

letak nomor rangka
letak nomor rangka

Sementara untuk nomor mesin terletak pada mesin di sebelah kiri (jika kita menghadap ke ruang mesin dari arah depan mobil), di sekitar belakang belt (lihat tanda panah di gambar berikut). Nomor mesin diawali dengan kode '3SZ' yang artinya mobil tersebut menggunakan mesin 3SZ.

letak nomor mesin
letak nomor mesin

Selain itu terdapat juga identitas mobil lainnya yang terletak pada pojok sebelah kanan (pojok sebelah kiri jika posisi kita menghadap ke ruang mesin) dinding ruang mesin. Di situ tertera identitas seperti kode tipe, nomor rangka, kode mesin, kode warna, kode trim dan nomor mesin.

identitas lainnya
identitas lainnya

Yup, setelah mengetahui nomor rangka dan nomor mesin secara fisik, silahkan lakukan cross-check atau cek silang apakah nomor rangka dan nomor mesin tersebut identik dengan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera pada STNK dan BPKB, karena nomor-nomor identitas tersebut harus sama dan sesuai antara fisik dan berkas surat-menyurat. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar