July 28, 2017

Cara Menggunakan Kunci Filter Model Sabuk (Strap Wrench)

Kunci Filter Model Sabuk (Strap Wrench)
Kunci Filter Model Sabuk (Strap Wrench)

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang cara menggunakan salah satu alat atau perkakas yang digunakan pada bidang perbengkelan atau otomotif, yaitu kunci filter model sabuk (belt) yang dalam bahasa bule disebut 'strap wrench'. Alat ini berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan suatu komponen, seperti filter oli dan filter solar.

-  Cara mengendurkan

cara mengendurkan
cara mengendurkan
  1. Posisikan kunci seperti gambar di atas, kemudian lingkarkan sabuk pada filter oli atau filter solar yang akan dikendurkan.
  2. Kencangkan sabuknya dengan cara menariknya ke arah ujung gagang kunci sampai filter terikat erat (lihat panah A). Pastikan sabuk yang melingkari filter posisinya tidak miring.
  3. Kemudian putar ke arah berlawanan jarum jam, seperti mengendurkan atau melepas baut. (lihat panah B). Biasanya cukup dengan 3/4 putaran filter telah bisa diputar dengan menggunakan tangan. Kalau belum bisa diputar dengan tangan, gunakan kembali kunci sampai filter tersebut bisa diputar dengan tangan.
  4. Lalu lepas filter dari tempatnya, cukup dengan memutarnya dengan tangan sampai filter terlepas.

-  Cara mengencangkan

cara mengencangkan
cara mengencangkan
  1. Pasang filter oli atau filter solar pada tempatnya, kemudian kencangkan dengan cara memutarnya searah jarum jam menggunakan tangan sampai tidak dapat diputar dengan tangan. Pastikan juga posisi filter terpasang dengan benar dan tidak miring.
  2. Kemudian posisikan kunci seperti gambar di atas, kemudian lingkarkan sabuk pada filter oli atau filter solar yang akan dikencangkan.
  3. Kencangkan sabuknya dengan cara menariknya ke arah ujung gagang kunci sampai filter terikat erat (lihat panah A). Pastikan sabuk yang melingkari filter posisinya tidak miring.
  4. Lalu putar kunci searah jarum jam sebanyak 3/4 putaran (atau sesuai anjuran yang tertera di filter atau buku panduan). Jangan melebihi putaran yang dianjurkan atau kekencangan, karena akan merusak filter tersebut dan akan susah ketika mengendurkannya kelak.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment