22 Desember 2016

"Naik kereta api,
tuuutt tuuutt tuuutt,
siapa hendak turut?"

Yup, kali ini aku akan menceritakan salah satu bagian dari perjalananku beberapa waktu yang lalu di mana aku melakukan perjalanan dari Lampung ke Yogyakarta. Perjalananku tersebut terbagi menjadi 3 bagian cerita perjalanan yang telah aku ceritakan pada tulisan sebelumnya, yaitu:
-  Bus Damri: Lampung - Jakarta, dan
-  Naik Bajaj Dari Stasiun Gambir Ke Stasiun Pasar Senen

Setelah tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, kami pun langsung masuk ke dalam area stasiun dan menuju tempat di mana mesin pencetak tiket kereta api berada. Selesai mencetak tiket, kami pun menuju mushola untuk menunaikan ibadah sholat subuh. Karena kami berdua dan barang bawaan kami cukup banyak, kami pun sholat secara bergantian.

Selesai menunaikan sholat subuh, kami mampir ke kedai makanan cepat saji untuk membeli makanan dan minuman yang akan kami santap sebagai menu sarapan dan makan siang nanti, hehehehe. Hmm, ternyata antriannya cukup panjang dan cukup menghabiskan waktu, huhuhuhu.

Stasiun Pasar Senen

Arloji di pergelangan tanganku telah menunjukkan waktu pukul 06.15 WIB, yang artinya 30 menit lagi kereta api akan berangkat. Kami pun bergegas menuju loket check-in, untuk melewati loket ini siapkan tiket kereta api dan kartu identitas diri (KTP). Oh iya, kereta api yang akan kami tumpangi adalah kereta api kelas ekonomi dengan nama Gajah Wong yang melayani rute dari Stasiun Pasar Senen (Jakarta) menuju Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta).

menuju loket check-in
pintu masuk penumpang kereta api Gajah Wong

Nah, sekarang waktunya mencari gerbong yang akan kami tempati, yaitu gerbong Ekonomi-2. Setelah bertanya dengan petugas, kami pun diarahkan ke gerbong yang kami maksud tersebut.

mencari gerbong
gerbong telah ketemu

Kami pun masuk ke dalam gerbong tersebut, dan sekarang waktunya mencari tempat duduk yang nomornya tertera di tiket kami. Setelah bertemu, kami pun menaruh barang bawaan kami di tempat yang telah disediakan, dan kemudian langsung duduk deh, hehehehe.

Imho, walaupun gerbong yang kami tempati ini adalah gerbong kelas ekonomi, tetapi fasilitasnya sudah lumayan baik dan nyaman, sudah dilengkapi dengan AC dan colokan listrik yang bisa digunakan untuk charging batere handphone. Hanya kursinya saja yang tidak bisa disetel. Oh iya, sebagai informasi, harga tiket kereta api yang kami beli untuk perjalanan ini adalah Rp.137.500,- per orang dewasa.

suasana di dalam gerbong
fasilitas colokan listrik

Tepat pukul 06.45 WIB terompet lokomotif kereta api pun berbunyi yang artinya kereta api akan berangkat. Hmm, kalau menurut jadwal kereta api yang kami tumpangi ini akan tiba di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta pada pukul 15.05 WIB. Tetapi karena kami nanti akan turun di Stasiun Tugu, Yogyakarta, mungkin kami akan tiba sekitar 30 menit lebih awal dari jadwal tersebut.

berangkat meninggalkan Stasiun Pasar Senen
anak kecil di sebelahku tertidur pulas

Tak lama kereta api berjalan menuju Kota Yogyakarta, kami pun membuka dan memakan bekal sarapan yang telah kami beli tadi. Selesai sarapan, saatnya untuk melihat kondisi toilet, kalau aku sih untuk keperluan mencuci tangan, hehehehe. Menurutku, kondisi toilet lumayan bersih dan airnya juga lancar dan bisa dikatakan layak untuk cuci tangan.

keadaan toilet (1)
keadaan toilet (2)

Sekitar pukul 09.30 WIB atau setelah menempuh perjalanan selama 2 jam 45 menit, kereta api tiba di Stasiun Cirebon Prujakan, Jawa Barat. Hmm, kalau menurut papan petunjuk arah dan jarak yang ada di stasiun ini, perjalanan sudah ditempuh sejauh 221 kilometer. Oh iya, di stasiun ini kereta api akan singgah agak lama, (kalau aku ndak salah ingat) adalah sekitar 15 menit, hehehehe. Biasanya sebagian penumpang akan keluar sejenak dari gerbong untuk sekedar meluruskan badan atau ada juga yang membeli makanan dan minuman di kedai sekitar stasiun.

tiba di Stasiun Cirebon Prujakan
papan petunjuk arah dan jarak

Perjalanan pun dilanjutkan, secara umum pemandangan selama perjalanan banyak didominasi dengan pemandangan persawahan, gunung, sungai dan pemukiman warga.

hmm, ini Gunung Slamet bukan yah?

Sekitar pukul 11.50 WIB kereta api pun tiba di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah. Di stasiun ini kereta api akan kembali berhenti agak lama (sekitar 15 menit). Jadi selama perjalanan antara Jakarta dan Yogyakarta, kereta api akan berhenti agak lama di dua stasiun, yaitu di Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Purwokerto. Di stasiun-stasiun lainnya pun sebenarnya kereta api juga berhenti, tetapi berhentinya hanya sebentar, tidak selama ketika berhenti di Cirebon dan Purwokerto.

tiba di Stasiun Purwokerto
Stasiun Purwokerto (1)
Stasiun Purwokerto (2)
Stasiun Purwokerto (3)

Waktu menunjukkan pukul 12.05 WIB, kereta pun kembali melaju menuju Yogyakarta. Kami pun kembali membuka dan mempersiapkan bekal makan siang kami. Oke deh, waktunya makan siang, hehehehe. Sementara kami sedang asyik menikmati makan siang kami, penumpang lain di sekitar kami pun asyik dengan kegiatannya masing-masing, tapi sih lebih banyak yang memanfaatkan waktunya untuk istirahat atau tidur, hehehehe.

pada asyik tertidur

Sekitar pukul 14.45 WIB, pengeras suara (speaker) di dalam gerbong pun berbunyi, "Sebentar lagi kereta akan tiba di Stasiun Yogyakarta, Yogyakarta." yang artinya kereta api akan tiba di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Dan karena kami akan turun di Stasiun Tugu, kami pun bersiap-siap untuk turun. Ahaa, akhirnya kami pun tiba dan bergegas turun di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Hmm, kalau menurut informasi dari papan petunjuk arah yang ada di stasiun tersebut, perjalanan yang kami tempuh tadi adalah sekitar 512 kilometer yang ditempuh dengan waktu selama 8 jam.

siap-siap turun dari kereta api
Stasiun Tugu, Yogyakarta
informasi jarak di Stasiun Tugu, Yogyakarta
jalan keluar stasiun

Yup, setelah siap dengan barang bawaan masing-masing, kami pun bergegas menuju pintu keluar stasiun. Dan kebetulan kedatangan kami sudah dijemput oleh sahabat kami, kemudian perjalanan kami selanjutnya adalah menuju kediaman sahabat kami yang terletak di sekitar daerah Gondolayu, Kota Yogyakarta. ^,^