October 4, 2016

Bus Damri: Lampung - Jakarta

Damri Royal Class
DAMRI Royal Class

Suatu hari ada kawanku bertanya, bagaimana caranya menuju Lampung dari Jakarta dan juga sebaliknya. Aku jawab, ada banyak pilihan kok, bisa lewat udara, lewat laut ataupun kombinasi antara lewat darat dan laut, hehehehe. Nah, kali ini aku akan menjelaskan salah satu pilihan yang tersedia, yaitu menggunakan bus DAMRI (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia).

Untuk jurusan Lampung - Jakarta (dan sebaliknya) bus berangkat dari Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Bandar Lampung dan tiba di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta. Di jurusan ini DAMRI memiliki 3 jenis layanan bus, yaitu Royal Class, Executive dan Bisnis.

Kelas Royal Class adalah kelas yang paling tinggi, kelebihannya adalah lebih lega karena jumlah kursi hanya berjumlah 21 kursi dengan formasi 2-1, tersedia juga fasilitas wifi untuk layanan paket data gratis. Sementara untuk kelas Executive jumlah kursi sekitar 28 kursi, dan kelas Bisnis berjumlah sekitar 40 kursi dengan formasi 2-2.

Untuk tarifnya adalah Rp.240.000,- untuk kelas Royal, Rp.205.000,- untuk kelas Executive dan Rp.160.000,- untuk kelas Bisnis. Sementara untuk jam keberangkatan, kelas Royal ada di pukul 08.00, 20.00 dan 21.00 WIB, kelas Executive ada di pukul 10.00, 21.00 dan 22.00 WIB dan kelas Bisnis berangkat di pukul 10.00, 21.00, dan 22.00 WIB. (untuk keterangan lebih lanjut silahkan lihat gambar di bawah).

rute dan tarif (1)
rute dan tarif (1)
rute dan tarif (2)
rute dan tarif (2)
rute dan tarif (3)
rute dan tarif (3)

Tiket bisa dibeli di pool atau loket DAMRI, Di Bandar Lampung bisa didapatkan di loket DAMRI yang ada di Stasiun Kereta Api Tanjung Karang dan di pool DAMRI yang ada di sekitar daerah Rajabasa. Sementara di Jakarta bisa dibeli di loket DAMRI yang ada di Stasiun Kereta Api Gambir.

Nah, kebetulan beberapa waktu yang lalu aku menggunakan jasa bus DAMRI Royal Class. Tiket aku beli di pool DAMRI yang ada di Rajabasa, kebetulan tidak jauh dari asramaku. Jika waktu pesan tiket dan waktu keberangkatan agak lama biasanya konsumen diberi kesempatan memilih jam keberangkatan (untuk keberangkatan malam) dan memilih tempat duduk.

tiket
tiket

Tiket yang aku beli adalah tiket bus yang berangkat pukul 20.00 WIB, artinya aku harus sudah berada di Stasiun Kereta Api Tanjung Karang sekitar 20-30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Jika sudah berada di Stasiun Tanjung Karang langsung saja menuju loket DAMRI untuk melapor (check-in), kemudian akan diarahkan oleh petugas terkait ke bus yang akan dinaiki.

Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Lampung
Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, Lampung

Yup, inilah penampakan bus DAMRI Royal Class. Bus bermesin Mercedes Benz karoseri Adiputro yang menggunakan air-suspension dengan balutan mayoritas warna merah cerah.

Bus Damri Royal Class (1)
Bus DAMRI Royal Class (1)
Bus Damri Royal Class (2)
Bus DAMRI Royal Class (2)

Kemudian duduklah di kursi yang nomornya sesuai dengan nomor yang tertera di tiket kita. Jika anda bawa laptop, tablet atau smartphone, anda bisa menikmati layanan data gratis melalui fasilitas wifi.

ada fasilitas wi-fi
ada fasilitas wi-fi

Waktu pun telah menunjukkan pukul 20.00 WIB yang artinya bus akan segera berangkat. Jika dari Lampung, setelah keluar dari Stasiun Kereta Api Tanjung Karang, bus akan melewati Jalan Raden Intan, Tugu Adipura, Jalan Sudirman, Garuntang, Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang, lalu kemudian masuk ke Jalan Lintas Sumatera yang berujung di Pelabuhan Bakauheni.

berangkat
berangkat
melewati Tugu Adipura, Bandar Lampung
melewati Tugu Adipura, Bandar Lampung
suasana lalu lintas di Kota Bandar Lampung (1)
suasana lalu lintas di Kota Bandar Lampung (1)
suasana lalu lintas di Kota Bandar Lampung (2)
suasana lalu lintas di Kota Bandar Lampung (2)

Setelah sekitar 2 jam perjalanan atau pukul 22.00 WIB, bus akan berhenti sejenak di Rumah Makan Siang Malam yang terletak di daerah Penengahan. Di sini penumpang bisa turun sejenak untuk membeli makanan atau minuman jika belum sempat makan malam. Waktu istirahat sekitar 10-15 menit sebelum bus kembali melanjutkan perjalanan.

istirahat sejenak di Penengahan, Kalianda, Lampung Selatan
istirahat sejenak di Penengahan, Kalianda, Lampung Selatan

Sekitar pukul 22.30 WIB bus pun tiba di Pelabuhan Bakauheni.

sampai di Pelabuhan Bakauheni, Lampung
sampai di Pelabuhan Bakauheni, Lampung

Karena lalu lintas agak padat yang bertepatan dengan hari libur, bus pun baru bisa masuk ke dalam kapal sekitar pukul 23.00 WIB.

bersiap masuk ke kapal
bersiap masuk ke kapal
di dalam kapal
di dalam kapal

Selama di kapal kita bisa istirahat meluruskan kaki dan badan karena ruangannya lebih lega, terutama jika kapal yang ditumpangi tersedia fasilitas ruang lesehan yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat atau tidur, lumayan lho waktu perjalanan ke Pelabuhan Merak adalah sekitar 2,5 jam jika cuaca bersahabat, hehehehe.

Hmm, perjalanan kapal kali ini agak tertunda karena kapal baru bisa sandar di dermaga sekitar pukul 03.00 WIB yang artinya penyeberangan menghabiskan total waktu selama 4 jam. Nah, waktu tempuh penyeberangan kapal inilah yang tidak bisa ditebak atau diprediksi ketika melakukan perjalanan dari Lampung ke Jakarta, begitu juga sebaliknya.

bersiap keluar kapal
bersiap keluar kapal
sampai di Pelabuhan Merak, Banten
sampai di Pelabuhan Merak, Banten

Perjalanan dari Merak ke Jakarta mayoritas akan melewati jalan tol dengan waktu tempuh normal sekitar 90-100 menit. Dan akhirnya sekitar pukul 04.30 WIB bus pun tiba di Stasiun Kereta Api Gambir. ^,^

sampai di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta
sampai di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta

Nah, beginilah pemandangan yang sempat aku rekam dari kursi belakang supir di dalam bus. ^,^

9 comments:

  1. Kalo pesan tiketnya via telpon dan dibayar ketika akan berangkat bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba kalau pesan via telepon. ^,^

      Delete
  2. Oke, makasih mbak. Btw, punya no telp agen/pool Damri Lampung nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hubungi di (0721) 703088, 703241 atau 782419.

      Delete
  3. Bisa pesannya mulai h-berapa keberangkatan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang mengerti kalau soal itu, tapi berdasarkan pengalamanku pernah melakukan pemesanan untuk keberangkatan 3 minggu ke depan. ^,^

      Delete
  4. Ka mau tanya kalo pesen on the spot bisa kan ya? Baik dari lampung atau sebaliknya ? Oya pesen tiketnya bisa on line ga ya ka? Terimakasih artikelnya bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi sebaiknya ditelepon dulu, terutama ketika musim liburan.
      order via web (online) sepertinya belum tersedia.
      terima kasih sudah berkunjung. ^,^

      Delete