September 16, 2016

Naik Taksi Di Yogyakarta

Taxi 373737 - Yogyakarta
Taxi 373737 - Yogyakarta

Yup, pada tulisan kali ini aku ingin berbagi cerita tentang pengalamanku menggunakan jasa angkutan transportasi umum di Kota Yogyakarta, yaitu taksi. Dan taksi yang aku naiki adalah taksi 373737 atau yang juga dikenal dengan nama JAS taksi. Oh iya, aku menggunakan jasa taksi ini ketika ingin melakukan perjalanan pulang kembali ke Lampung, karena aku naik kereta api dari stasiun Lempuyangan, jadinya aku perlu angkutan yang mengantarkanku dari penginapanku selama aku di Yogyakarta, yaitu di daerah Gondolayu menuju Stasiun Kereta Api Lempuyangan.

Sebagai informasi, kereta yang akan aku naiki berangkat dari stasiun Lempuyangan pada pukul 12.40 WIB, itu artinya aku sudah harus berada di stasiun sekitar 30 menit sebelum kereta api berangkat. Karena kami bertiga maka butuh angkutan berupa mobil agar bisa sekali angkut ke stasiun, jadi aku memilih angkutan berupa taksi. Untuk mencari informasi taksi yang akan aku pilih, aku browsing dulu di internet, dan setelah informasi aku peroleh barulah aku hubungi operator salah satu taksi, yaitu taksi 373737 atau JAS taksi di nomor telepon 0274-373737.

Sebagai catatan, ternyata pemesanan taksi bisa juga dengan menggunakan layanan aplikasi SayTaxi di smartphone Android, Whatsapp dan Blackberry Messenger (BBM). Akan tetapi karena aku menggunakan hape jadul atau kalau kata orang seberang disebut telefon bimbit cap ayam maka proses pemesanan taksi pun aku proses dengan cara telepon langsung.

Oke, langsung saja aku hubungi nomor operator, tak lama kemudian yang menjawab adalah suara wanita, langsung saja aku sebut namaku dan posisiku berada. Kemudian operator memintaku untuk menunggu sesaat karena ia akan mencarikan armada taksi yang terdekat dengan posisiku berada. Dan setelah operator mendapat taksi yang akan menjadi angkutan kita, proses pemesanan pun selesai. Oh iya, lama waktu telepon untuk pemesananku adalah selama 1 menit 23 detik.

waktu menelpon operator taksi (11.26)
waktu menelpon operator taksi (11.26)
lama bicara proses pemesanan taksi (1 menit 23 detik)
lama bicara proses pemesanan taksi (1 menit 23 detik)

Tak lama kemudian taksi pesananku pun datang, bersamaan itu pula aku menerima sms masuk di handphone-ku yang isinya tentang informasi taksi dan taksi sudah sampai di tempat sesuai pesananku tadi. Hmm, kalau aku hitung lama waktu taksi datang dari proses pemesanan adalah sekitar 5 menit.

sms yang berisi informasi taksi pesanan dan taksi sudah sampai di tempat kita
sms yang berisi informasi taksi pesanan dan taksi sudah sampai di tempat kita
waktu sms diterima yang bersamaan dengan datangnya taksi (11:32)
waktu sms diterima yang bersamaan dengan datangnya taksi (11:32)

Armada taksi pesananku adalah mobil merk Chevrolet Spin berwarna hitam dengan nomor kendaraan AB 1569 JH dan nomor seri taksi 132. Cukup lega untuk ditumpangi penumpang 3 orang, tempat duduk hanya dua baris, di bagian belakang untuk barang atau sebagai bagasi. Jadi menurutku, taksi ini nyaman untuk ditumpangi penumpang dengan jumlah 4 orang, dengan rincian 1 di baris depan dan 3 orang di baris belakang.

Taksi dilengkapi dengan argometer sebagai dasar untuk penghitungan tarif taksi dan dilengkapi juga dengan mesin pencetak struk pembayaran, jadi ketika selesai menggunakan jasa taksi penumpang akan diberi struk pembayaran sesuai dengan yang terhitung di argometer.

taksi dilengkapi dengan argometer
taksi dilengkapi dengan argometer
nomor seri taksi dan himbauan
nomor seri taksi dan himbauan

Hmm, sekitar 10 menit perjalanan (pukul 11:42 WIB) akhirnya taksi pun tiba di stasiun Lempuyangan. Kalau menurut argometer tarif yang mesti dibayarkan adalah sekitar Rp.18.000,-, namun karena ada tarif minimum (batas bawah) jadi yang mesti dibayarkan adalah senilai Rp.25.000,-. Bagaimana, cukup terjangkau bukan untuk hitungan 3 orang? Menurutku sih cukup murah dan nyaman jika dibandingkan dengan menggunakan jasa 3 unit ojek atau 2 unit bentor atau 2 unit becak. ^,^

Artikel terkait:

2 comments:

  1. @Rika D'Laiqa, saya sampai mesem2 sendiri membaca blog Anda ini. Memang waktu saya ke Jogja 1,5 - 2 Tahun lalu saya beberapa kali naik Taksi di Jogja dengan tarif minimum Rp 25.000 (Ada yang menggunakan Transmisi Otomatis) padahal di Argometer Taksi paling2 cuma Rp 15.000 - <=Rp 25.000. Misalnya dari Stasiun Tugu ke Gudeg Yu Djum atau dari Hotel Sahid Rich Yogya ke Plaza Ambarrukmo, dst.... Hampir semua perjalanan di dalam Kota Jogja, kita membayar tarif ongkos Taksi minimum. Mungkin kalau dari Hotel Sahid lama, dekat Restoran Ayam Goreng Suharti ke Soto Kadipiro, baru tarif Taksi melebihi tarif maksimum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, ada yang pengalaman juga. ^,^

      Delete