12 Desember 2016

Menyusuri Jalan Pesisir Pesawaran

Acara fun riding (berkendara santai) kali ini aku mengambil rute jalan pesisir Pesawaran, di mana di sepanjang jalan ini banyak terdapat tempat wisata, di antaranya Pantai Duta Wisata, Pantai Tirtayasa, Muncak Teropong Laut, Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Pantai Klara (Kelapa Rapat), Pantai Batu Mandi, dan tempat wisata lainnya.

Perjalanan kali ini dimulai dari sekitar Bundaran Tugu Adipura, atau lebih tepatnya di sekitar Hotel Grand Anugerah dan Plaza Lotus, Tanjung Karang, Kotamadya Bandar Lampung, serta akan berakhir di Batalyon Infanteri (Yonif)-9 Marinir, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Seperti biasa, catat terlebih dulu angka yang tertera di odometer sepeda motor, yaitu 19.287,9.

titik awal perjalanan
odometer awal

Pertama, kita akan menuju daerah Teluk Betung, dari Bundaran Tugu Adipura ambil jalan lurus terus.

Bundaran Tugu Adipura

Setelah sampai di sekitar Kantor Walikota Bandar Lampung atau di sekitar Masjid Al-Furqon, ambil jalan ke arah kanan (lampu merah), (lihat tanda panah).

sekitar Kantor Walikota dan Masjid Al-Furqon

Kemudian setelah sampai di sekitar Bank Indonesia dan Kantor Dispenda Lampung, silahkan belok ke arah kanan (lihat tanda panah).

sekitar Bank Indonesia dan Kantor Dispenda Lampung

Kemudian akan bertemu jalan turunan, silahkan belok ke kiri (lihat tanda panah).

turunan ke kiri

Setelah melewati jalan turunan, akan dijumpai bundaran, ambil lurus (lihat tanda panah).

bundaran lurus terus

Kemudian jalan akan bercabang dua (patokannya Pempek Nori), silahkan belok ke kanan (lihat tanda panah).

pertigaan Pempek Nori, belok ke kanan

Di ujung jalan tersebut akan dijumpai papan petunjuk arah, silahkan belok ke kiri, menuju Lempasing, Wisata Batu Putu, Padang Cermin, Teluk Ratai (lihat tanda panah).

silahkan belok ke kiri

Kemudian akan bertemu lagi dengan pertigaan, silahkan belok ke kanan (lihat tanda panah). Nah, apabila anda ingin menggunakan angkutan umum bisa naik dari sini, ada 2 jenis angkutan umum sejenis angkot dengan tujuan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing yang berwarna biru/abu-abu, dan ada juga sejenis angdes dengan tutup terpal dengan tujuan ke Padang Cermin. Sementara untuk mencapai tempat ini dari Tanjung Karang bisa tempuh dengan angkot berwarna ungu jurusan Tanjung Karang - Sukaraja/Teluk Betung.

pertigaan belok kanan
angkutan umum (1)
angkutan umum (2)

Tak jauh dari pertigaan yang kita lalui tadi, kita akan bertemu lagi dengan pertigaan, silahkan belok ke kiri, setelah itu kita akan melewati sebuah jembatan. Nah, kalau sudah melewati jembatan ini artinya jalan yang dilalui sudah benar, karena berdasarkan informasi yang sering aku dengar banyak yang nyasar di daerah sekitar Teluk Betung, karena banyaknya jalan satu arah dan salah belok yang menyebabkan kesasar, hehehehe.

jembatan Kota Karang

Setelah berkendara beberapa saat, kita akan menjumpai sebuah pom bensin Pertamina di sebelah kiri jalan. Kemudian jalan akan bercabang menjadi dua, silahkan belok ke kiri (lihat tanda panah).

pertigaan pom bensin, belok kiri

Tak jauh dari pom bensin yang baru saja dilalui, sampai lah kita di pantai yang pertama, yaitu Pantai Duta Wisata. Bisa dihitung dari odometer yang menunjukkan angka 19.296,9 artinya dari titik awal perjalanan sampai ke Pantai Duta Wisata adalah berjarak sekitar 9 kilometer.

Pantai Duta Wisata (1)
Pantai Duta Wisata (2)
odometer di Pantai Duta Wisata

Tak jauh di depan, kita akan menjumpai Pantai Tirtayasa di sebelah kiri jalan, dan tepat di seberangnya atau di sebelah kanan jalan adalah jalan masuk ke Muncak Teropong Laut.

Pantai Tirtayasa (1)
Pantai Tirtayasa (2)
jalan masuk ke Muncak Terpong Laut
jalan masuk ke Muncak Teropong Laut

Kemudian kita akan sampai di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing. Nah, apabila anda tertarik untuk membeli ikan segar bisa mampir di tempat ini. Tepat di seberang TPI Lempasing terdapat tempat pemakaman etnis Tionghoa atau yang oleh warga sekitar sering disebut dengan kuburan Cina.

TPI Lempasing
kuburan Cina

Kemudian kita akan keluar dari wilayah Kotamadya Bandar Lampung dan memasuki wilayah Kabupaten Pesawaran.

Tugu Selamat Datang di Kabupaten Pesawaran

Kemudian kita akan menjumpai salah satu pantai lagi, yaitu Pantai Queen Artha.

Pantai Queen Artha

Setelah itu kita akan sampai di pertigaan jalan masuk ke Pantai Mutun. Jika belok ke kiri akan menuju ke Pantai Mutun. Karena fun riding kali ini tujuannya adalah hanya menyusuri jalan, maka aku akan lurus terus, hehehehe. Oh iya, sampai di sini odometer menunjukkan angka 19.301,3 yang artinya aku sudah menempuh jarak sekitar 13,4 kilometer.

jalan masuk ke Pantai Mutun (1)
jalan masuk ke Pantai Mutun (2)
odometer di jalan masuk ke Pantai Mutun

Tak jauh di depan kita akan menjumpai pusat keramaian penduduk setempat, yaitu Pasar Hanura. Sampai di pasar ini, odometer menunjukkan angka 19.304.6 yang artinya jarak yang sudah aku tempuh adalah sejauh 16,7 kilometer.

Pasar Hanura
odometer di Pasar Hanura

Setelah itu kita akan menjumpai salah satu pantai lagi, yaitu Pantai Sari Ringgung. Sampai di sini, perjalanan yang aku tempuh sudah mencapai sekitar 19 kilometer, bisa dihitung dari odometer yang menunjukkan angka di 19.306,9.

Pantai Sari Ringgung
pintu masuk ke Pantai Sari Ringgung
odometer di pintu masuk Pantai Sari Ringgung

Nah, (menurutku) setelah melewati Pantai Sari Ringgung jalan yang akan dilintasi mulai asyik dan seru, karena akan dijumpai kondisi jalan dengan kombinasi tanjakan, turunan dan tikungan. Tetapi walaupun asyik dan seru harus tetap berhati-hati dan waspada karena jalanan yang dilalui agak kurang lebar.

tanjakan dan tikungan
turunan dan tikungan
jalan turunan dengan pemandangan laut
berhenti sejenak
tikungan tajam
pemandangan sekitar
pemandangan laut

Kemudian kita akan sampai di dermaga Ketapang, dermaga ini digunakan sebagai salah satu alternatif jika ingin menyeberang ke Pulau Pahawang atau ke pulau-pulau kecil lainnya yang terletak di sekitar Teluk Lampung. Odometer menunjukkan angka 19.314,4 yang artinya perjalanan yang aku telah aku tempuh sampai di dermaga Ketapang ini adalah sejauh 26,5 kilometer.

jalan masuk alternatif ke dermaga Ketapang
sampai di dermaga Ketapang
di sekitar dermaga Ketapang
papan himbauan
dermaga Ketapang
odometer di dermaga Ketapang

Oke deh, kita terus jalan lagi, masih ada lho pantai-pantai bagus di depan sana, hehehehe.

pemandangan sekitar
jalan dan laut hanya dipisahkan oleh pembatas jalan dan bebatuan
tetap konsentrasi, jangan terbuai oleh pemandangan indah
pantai di tepi jalan yang bisa dinikmati dengan cuma-cuma

Kemudian kita akan berjumpa dengan salah satu pantai lagi, yaitu Pantai Klara yang menurut warga sekitar adalah singkatan dari Kelapa Rapat. Hmm, mungkin di sekitar pantai ini ada kumpulan pohon kelapa yang berjejer berdekatan atau rapat, hehehehe. Kembali lagi lihat ke odometer, dan menunjukkan angka 19.316,2 yang artinya dari titik awal perjalanan ke Pantai Klara ini berjarak sekitar 28,3 kilometer.

Pantai Klara (1)
Pantai Klara (2)
odometer di Pantai Klara

Lepas dari Pantai Klara, ada beberapa titik pantai yang bisa dinikmati dengan gratis dan posisinya di tepi jalan, jadi jika anda tertarik boleh lah berhenti sejenak untuk sekedar beristirahat dan menikmati suasana pantai, hehehehe.

istirahat sejenak (1)
istirahat sejenak (2)
istirahat sejenak (3)
istirahat sejenak (4)
istirahat sejenak (5)
istirahat sejenak (6)
istirahat sejenak (7)

Tak jauh di depan ada satu pantai lagi, yang sepertinya adalah pantai terakhir sebelum tiba di Batalyon Infanteri (Yonif)-9, yaitu Pantai Batu Mandi. Cek odometer menunjukkan angka 19.317,8 yang artinya aku sudah menempuh perjalanan sejauh 29,9 kilometer.

Pantai Batu Mandi
odometer di Pantai Batu Mandi

Setelah itu kita akan disuguhi pemandangan berupa persawahan dan bukit.

pemandangan sawah (1)
pemandangan sawah (2)
pemandangan sawah (3)

Nah, kira-kira sekitar 2-3 kilometer dari pantai terakhir kita akan sampai di kawasan militer, yaitu Batalyon Infanteri (Yonif)-9 Marinir, Piabung, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung yang merupakan titik akhir perjalananku pada acara fun riding kali ini. Oh iya, jalan pesisir Pesawaran ini apabila diteruskan akan menuju ke arah Teluk Kiluan, Tanggamus. ^,^

memasuki kawasan militer
pepohonan rindang di sepanjang kawasan militer