19 Maret 2019

3.000 Km Dengan Meditran SX Pada Yamaha Mio J

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Tak terasa pemakaian oli mesin Pertamina Meditran SX dengan spesifikasi 15W-40 API Service CH-4/SJ pada salah satu sepeda motor penghuni garasi di rumah, yaitu Yamaha Mio J keluaran tahun 2012 telah menempuh jarak sekitar 3.000 kilometer. Hmm, kalau tidak salah ingat sudah sekitar 6 bulan berjalan.

Hmm, tentang review singkat sebelumnya atau pada saat telah menempuh 1.000 dan 2.000 kilometer bisa dibaca pada tulisan 1.000 Km Dengan Meditran SX Pada Yamaha Mio J dan 2.000 Km Dengan Meditran SX Pada Yamaha Mio J.

Menurutku, performa sepeda motor ini dalam rentang pemakaian oli mesin 2.001-3.000 kilometer bisa dikatakan hampir sama dengan performa pada 1.000 kilometer sebelumnya (rentang 1.001-2.000 kilometer). Imho, di rentang ini performa sepeda motor sedang dalam kondisi enak-enaknya, hehehehe.

odometer saat ini
odometer saat ini
odometer saat ganti oli mesin
odometer saat ganti oli mesin

Hmm, sementara apabila dilihat dari segi volume bisa dikatakan hanya berkurang sedikit saja. Hal yang menurutku sangat wajar, terlebih sepeda motor tersebut dalam rentang waktu tersebut pernah dikendarai menempuh jarak yang agak jauh sehingga kemungkinan terjadi penguapan pada oli tersebut.

kondisi oli mesin berdasarkan volumenya
kondisi oli mesin berdasarkan volumenya

Kemudian jika dilihat dari warna dan kondisi oli berdasarkan hasil meneteskan oli di lembaran tisu (drop test), bisa dikatakan oli tersebut masih dalam kondisi baik dan layak pakai. Sementara itu secara keseluruhan tentang performa mesin pada sepeda motor ini tidak ada masalah.

kondisi oli mesin dilihat dari penampakan warnanya
kondisi oli mesin dilihat dari penampakan warnanya

Oke deh, demikanlah review singkat setelah penggunaan jarak sekitar 3.000 kilometer. Hmm, tunggu review berikutnya setelah sepeda motor ini menempuh jarak 4.000 kilometer, hehehehehe. ^,^

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...