30 September 2018

Meditran SX Untuk Oli Mesin Yamaha Mio J

Yamaha Mio J dan Pertamina Meditran SX
Yamaha Mio J dan Pertamina Meditran SX

Hmm, hari ini bertepatan dengan jadwal ganti oli mesin sepeda motor Yamaha Mio J (54P) di rumah. Dan kebetulan masih ada sisa oli mesin waktu si Bungsu mengganti oli mesin si Kirun (Toyota Kijang Super, 5K), ya sudah deh, kali ini Miyoje tak cekokin Meditran SX sekalian, daripada mubazir sisa olinya, hehehehe.

Seperti biasa, praktisi main bengkel-bengkelan kali ini adalah si Wulan Tomboy yang juga hobi otomotif. Oh iya, sebelumnya sepeda motor ini menggunakan oli mesin Pertamina Fastron Techno 10W-40 API Service SN. Selama menggunakan Fastron Techno sejak Januari 2016 sampai tulisan ini dipublikasikan, tidak ada masalah pada mesin yang artinya oli mesin tersebut cocok dengan karakter mesin Yamaha berkode 54P Mio J. Bahkan bisa aku sebut 'sangat cocok' karena interval penggantian oli mesin biasanya aku lakukan di sekitar angka 5.000-6.000 kilometer.

Digunakannya Pertamina Meditran SX kali ini secara logika awam adalah degradasi jika membandingkan dari spesifikasi dan harga kedua oli mesin tersebut, hehehehe. Sebagai informasi, Meditran SX spesikasinya adalah 15W-40 API Service CH-4/SJ dan juga oli mesin ini sejatinya diperuntukkan untuk mesin diesel. Istilah kerennya 'oli sesat' lah, hehehehe.

Oke deh, untuk prosedur penggantian oli mesin pada sepeda motor Yamaha Mio J bisa dibaca pada tulisan Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio J, soalnya kalau aku jelaskan lagi akan jadi panjang ini tulisannya. Hal yang penting adalah memeriksa dan membersihkan komponen pada tutup oli mesin dan baut penguras dan saringan (strainer) olinya. Cukup dibersihkan dan dikeringkan dengan tisu kering. Sementara jika ada komponen yang rusak sebaiknya diganti.

bersihkan tutup dan baut penguras oli mesin
bersihkan tutup dan baut penguras oli mesin
susunan komponen baut penguras oli mesin
susunan komponen baut penguras oli mesin

Oh iya, kapasitas oli mesin adalah sekitar 740 ml. Jika tidak ada gelas ukur bisa diketahui dengan cara melihat dipstik pada tutup oli mesin pada waktu mengisi oli mesin yang baru.

kapasitas oli mesin 740 ml
kapasitas oli mesin 740 ml

Yup, kemudian catat odometer sebagai acuan untuk jadwal penggantian oli mesin selanjutnya. Oh iya, rencananya selama digunakan akan dilakukan pemeriksaan pada jarak tempuh setelah 1.000 km, 2.000 km dan 3.000 km. Jika dirasa tidak ada masalah akan dilanjutkan sampai jarak 4.000-5.000 kilometer.

odometer saat penggantian oli mesin
odometer saat penggantian oli mesin

Oke deh, proses penggantian oli mesin pada sepeda motor Yamaha Mio J (54P) telah selesai dilakukan. Untuk ulasannya tunggu di tulisan-tulisanku berikutnya yah. ^,^

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...