9 Maret 2019

Tips Memilih Printer Untuk Pengguna Rumahan, Mahasiswa Dan Bisnis Kecil

Tips Memilih Printer
Tips Memilih Printer

Printer adalah salah satu perangkat keras (hardware) yang keberadaannya masih tetap eksis hingga saat ini. Evolusi atau pengembangan printer termasuk lambat jika dibandingkan dengan hardware komputer lainnya. Akan tetapi karena proses mencetak dan pemberkasan masih merupakan hal yang penting sampai saat ini, maka keberadaan printer masih sangat dibutuhkan.

Pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan dan memberikan tips apabila anda ingin membeli printer. Hmm, tulisan ini ditujukan bagi pengguna rumahan, pelajar, mahasiswa dan pelaku usaha bisnis kecil. Apakah anda termasuk salah satu dari kategori tersebut? Jika iya, mari simak penjelasan berikut ini, hehehehe.
  1. Sesuaikan dengan kebutuhan
    Hal pertama yang menjadi bahan pertimbangan adalah fungsi dan fitur dari printer tersebut, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Maksudnya, printer tersebut akan digunakan untuk hal apa saja? Apakah hanya sekedar untuk mencetak warna hitam, mencetak dengan berbagai warna, mencetak foto, mencetak dengan kertas rangkap atau continuous form, mencetak nota atau faktur berukuran kecil atau printer tersebut selain untuk mencetak bisa juga melakukan fungsi lainnya seperti fotocopy dan memindai (scanning).
    Sebagai contoh, untuk pengguna rumahan yang intensitas mencetaknya jarang atau sedikit bisa memilih printer warna jenis inkjet atau printer multifungsi (print-scan-copy).
    Sementara untuk pelajar atau mahasiswa yang intensitas mencetaknya agak banyak bisa memilih printer warna jenis inkjet yang harganya relatif terjangkau.
    Untuk bisnis kecil atau toko kecil bisa memilih jenis printer dot matrix yang bisa digunakan untuk mencetak kertas rangkap, atau bisa juga memilih jenis printer thermal mini apabila nota atau faktur yang digunakan model minimalis.
    Untuk bisnis rental komputer atau jasa pengetikan, anda kalau bisa menyediakan 2 jenis printer, yaitu printer inkjet multifungsi dan printer laserjet.
    Untuk bisnis cetak foto, anda wajib memiliki printer foto dengan 6-8 warna tinta.
  2. Harga
    Pasal harga sebenarnya relatif karena disesuaikan dengan kondisi kantong calon pembeli, hehehehe. Ada baiknya sebelum membeli suatu produk kita harus mengetahui berapa kisaran harga pasarannya, pilih harga yang tidak jauh selisihnya dari harga pasaran tersebut.
    .
  3. Isi ulang (refill)
    Masalah isi ulang juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan karena masalah printer tidak bisa mencetak sebab kehabisan tinta, kehabisan bubuk toner atau kehabisan tinta pita akan dijumpai kelak.
    Saran untuk printer jenis inkjet adalah cari yang cartridge-nya bisa di-refill (isi ulang), kapasitas mencetaknya banyak atau irit tinta, atau bisa diaplikasikan sitem infus tinta.
    Untuk printer jenis laserjet coba cari yang kapasitas toner-nya besar sehingga kegiatan pengisian isi ulang toner yang agak ribet bisa diminimalisasi.
    .
  4. Layanan servis dan ketersediaan suku cadang (spare part)
    Apabila anda tinggal di kota besar poin ini tidak terlalu menjadi masalah, tetapi akan menjadi masalah jika anda tinggal agak jauh dari gerai Service Center atau tempat servis printer. Untuk meminimalisasinya adalah dengan mengetahui keberadaan tempat servis yang dekat dengan lokasi tempat tinggal anda dan tempat servis tersebut berpengalaman dengan jenis printer dan merk apa.
    .
  5. Garansi dan layanan purna jual (after sales)
    Jenis garansi biasanya ada 2 macam, yaitu garansi toko dan garansi pabrik (garansi resmi).
    Garansi toko maksudnya toko yang menjual printer tersebut memberikan garansi langsung berupa penukaran atau servis apabila printer tersebut bermasalah. Biasanya garansi toko waktunya tidak lama, hanya 3 hari, 7 hari, 1 bulan atau paling lama 3 bulan, tergantung dari kebijakan toko tersebut.
    Kemudian ada garansi pabrik, maksudnya apabila printer tersebut bermasalah bisa dibawa atau dikirim ke pabriknya untuk diganti atau di-servis. Biasanya lama garansi pabrik ini sekitar 1 tahun.
    Sementara untuk layanan purna jual bisa diketahui apakah pabrikan dari produk tersebut memiliki gerai Service Center di sekitar anda.
    .
  6. Review dari pengguna
    Hal terakhir yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah review dari pengguna lainnya. Hal ini bisa anda dapatkan informasinya dari forum atau situs yang membahas tentang printer. Di laman tersebut anda bisa mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari printer tersebut.

Nah bagaimana, sudah memutuskan printer apa yang akan anda beli? Hehehehe. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...