1 Maret 2019

Cara Pesan Tiket Kereta Api Via Easybook

Easybook
Easybook

Pesan dan beli tiket kereta api di mana? Yup, utamanya ya di halaman situs resmi PT. KAI, hehehehe. Hmm, tetapi seiring kemajuan zaman, pemesanan dan pembelian tiket juga bisa melalui Online Travel Agent (OTA) dan halaman situs jasa penyedia pemesanan dan pembelian tiket, salah satu contohnya adalah melalui Easybook.

Easybook adalah cara mudah untuk memesan dan membeli tiket kereta api, bus, kapal laut, sewa mobil, hotel dan beberapa layanan lainnya yang cukup bisa diandalkan untuk wilayah seputar Asia Tenggara (ASEAN). Nah, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan cara pemesanan tiket kereta api (KAI) melalui Easybook. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka halaman situs Easybook atau lebih mudahnya melalui shortcut pencarian yang telah aku sediakan pada widget sisi kanan halaman blog ini. Karena pada kasus kali ini adalah pemesanan tiket kereta api, maka klik menu 'Train' (lihat panah A), lalu klik 'Book Now' (lihat panah B).

    langkah 1
    langkah 1

  • Kemudian kita akan diarahkan ke halaman pemesanan Easybook.
    Pilih opsi 'Sekali Jalan' atau 'Pulang Pergi' (A),
    Tentukan stasiun atau kota asal (B),
    Tentukan stasiun atau kota tujuan (C),
    Tentukan tanggal keberangkatan (D),
    Tentukan jumlah penumpang (E),
    Setelah itu klik 'Cari Kereta Api' (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  • Nah, kemudian akan muncul daftar kereta api yang beroperasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan jam keberangkatan, kelas dan harga. Lalu klik 'Pilih' (lihat tanda panah).

    langkah 3
    langkah 3

  • Kemudian muncul formulir si pemesan tiket. Isilah dengan benar.

    langkah 4
    langkah 4

  • Kemudian scroll ke bawah, isi formulir data penumpang.
    Terdiri dari Nama Lengkap Penumpang (A), Jenis Kelamin (B), Kewarganegaraan (C)IC Number atau Nomor KTP (D), Kategori Penumpang (E) dan Nomor Handphone (F).
    Anda juga bisa memilih tempat duduk, klik 'Choose Seat' (G).
    (H) Journey Protection adalah asuransi tambahan, sifatnya opsional, jika tidak mau membeli asuransi tambahan hilangkan tanda ceklist pada keterangan Journey Protection.
    Perhatikan juga kolom di sebelah kanan (lihat tanda panah), itulah total harga yang harus dibayar.

    langkah 5
    langkah 5

  • Kemudian scroll ke bawah lagi. Apabila anda memiliki kode diskon atau kode promo Easybook, anda bisa menggunakannya di sini. Caranya cukup masukkan kodenya, lalu klik 'Gunakan Kode' (A). Nanti secara otomatis akan muncul potongan harga di kolom rincian total bayar.
    Kemudian di bawahnya lagi adalah opsi pembayaran. Pilih salah satu metode pembayaran sesuai dengan selera anda. Pada kasus kali ini dipilih pembayaran melalui gerai Alfamart atau Alfamidi (B). Perhatikan juga keterangan batas waktu pembayaran dan biaya admin. Untuk opsi kali ini di situ tertulis bahwa pembayaran harus dilakukan dalam waktu 6 jam dan dikenakan biaya admin senilai Rp.5.000,-.

    langkah 6
    langkah 6

  • Yup, apabila anda sudah yakin dengan pesanan anda, lakukan verifikasi kata (A), lalu klik 'Bayar Sekarang' (lihat tanda panah).

    langkah 7
    langkah 7

  • Karena pembayaran dipilih melalui Alfamart atau Alfamidi, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengunjungi gerai Alfamart atau Alfamidi terdekat untuk melalukan proses pembayaran. Kemudian simpan kode booking untuk ditukarkan menjadi tiket di stasiun keberangkatan kelak. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...