12 Mei 2019

4.000 Km Dengan Meditran SX Pada Yamaha Mio J

Yamaha Mio J
Yamaha Mio J

Yup, sekarang sudah memasuki bulan Mei tahun 2019 yang artinya sudah sekitar 8 bulan lamanya oli mesin Meditran SX melumasi ruang mesin salah satu sepeda motor di rumah, yaitu Yamaha Mio J (54P). Dan sesuai prediksiku juga bahwa dalam rentang waktu tersebut sepeda motor tersebut telah menempuh jarak sekitar 4.000 kilometer, hehehehe.

Hmm, penggunaan Meditran SX sebagai oli mesin pada Yamaha Mio J adalah untuk yang pertama kalinya, sebelumnya oli mesin yang digunakan adalah Fastron Techno kemasan hijau 10W-40 API SN. Oh iya, review tentang penggunaan Meditran SX selama ini (setelah menempuh jarak 1.000, 2.000 dan 3.000 kilometer) bisa dibaca pada tulisan-tulisanku sebelumnya (lihat tautan artikel terkait di bawah).

Selama sekitar 4.000 kilometer pemakaian sebetulnya tidak ada masalah dengan mesin Yamaha berkode 54P ini dan masih nyaman dikendarai. Namun, setelah berkonsultasi dengan mamasku yang lebih paham soal mesin dan otomotif, sebaiknya dilakukan penggantian oli mesin karena Meditran SX termasuk oli mineral (bukan sintetik ataupun semi-sintetik).

Menurut mamasku, idealnya oli jenis mineral diganti paling lama setelah pemakaian 8 bulan (jika dalam hitungan waktu) atau setengah dari jarak tempuh maksimal pada anjuran di kemasan (jika dalam hitungan jarak), misalnya pada kemasan di-klaim dapat menempuh jarak 10.000 kilometer, karena ini (oli mobil) digunakan untuk sepeda motor maka hanya berlaku setengahnya saja atau 5.000 kilometer. Nah, hitungan yang berlaku adalah mana yang lebih dahulu dicapai. Hmm, kalau dalam kasusku kali ini yang dicapai lebih dahulu adalah hitungan waktu atau telah dicapai 8 bulan pemakaian.

odometer saat penggantian oli mesin sebelumnya
odometer saat penggantian oli mesin sebelumnya
odometer saat ini
odometer saat ini

Oke deh, seperti biasa montir cantik kita, si Gayatri Wulandari Respati alias Wulan Tomboy, akan melakukan proses penggantian oli mesin pada sepeda motor matic keluaran tahun 2012 ini, berhubung juga mumpung orangnya belum mudik lebaran ke Yogyakarta, hehehehe.

proses penggantian oli mesin
proses penggantian oli mesin

Tarraaa, seperti inilah penampakan oli mesin Pertamina Meditran SX 15W-40 API CH-4/SJ. Secara tampilan tidak jauh berbeda dengan oli bekas lainnya setelah menempuh jarak di atas 2.000 kilometer, berwarna hitam pekat. Sementara untuk volumenya sendiri bisa dikatakan berkurang tidak terlalu banyak, sekitar 100-an ml. Bisa dikategorikan sangat baik dalam hal penguapan karena mesin produksi garputala terkenal mudah menguap olinya atau istilahnya vampir oli, hehehehe.

penampakan oli lama
penampakan oli lama
volume oli lama
volume oli lama

Hmm, untuk berapa volume oli baru yang mesti diisi cukup ikuti anjuran pabrikan atau sesuai buku panduan, yaitu 740 ml. Atau untuk lebih mudah melihatnya bisa dilihat dari indikator pada dipstik yang menjadi satu dengan tutup oli mesin. Pengisian oli mesin melebihi kapasitas akan membuat kerja mesin menjadi lebih berat dan dapat merusak atau memperpendek usia seal-seal pada ruang mesin. Sementara volume oli yang kurang dari kapastitas akan mengakibatkan mesin menjadi cepat panas dan aus komponennya.

oli baru = 740 ml
oli baru = 740 ml

Oke deh, jadi kesimpulan dari tulisan kali ini yang adalah rangkuman dan hasil uji coba selama 8 bulan ini yaitu oli Pertamina Meditran SX 15W-40 API Service CH-4/SJ bisa dan cocok digunakan untuk melumasi mesin pada sepeda motor Yamaha Mio J (54P) dengan ketentuan pemakaian maksimal adalah selama 8 bulan atau 5.000 kilometer, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Selain itu disarankan pemeriksaan berkala per 1.000 kilometer, minimal dilakukan cek volume oli (melihat indikator dipstik) dan cek warna oli (metode drop test).

Hmm, sekarang bulan Mei 2019, jadi prediksi ganti oli mesin berikutnya adalah pada bulan Januari 2020, hehehehe. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

2 komentar:

  1. gak berat apa dikasih oli begitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai pengalaman, agak berat di 500 km pertama, setelahnya normal. ^,^

      Hapus

Loading...