24 Maret 2019

Yamaha Mio J Pakai Ban Swallow Street Enduro (SB-117)

Ban Swallow Street Enduro (SB-117)
Ban Swallow Street Enduro (SB-117)

Hmm, masa bakti ban FDR Sport XR Evo sebagai ban belakang pada salah satu sepeda motor di rumah, yaitu Yamaha Mio J (54P) sepertinya sudah memasuki masa pensiun. Yup, bisa diambil keputusan begitu karena jika dilihat dari kondisi ulir ban yang sudah hampir gundul dan belakangan ini terhitung sudah beberapa kali ban tersebut kempes sendiri. Kemudian ditambah dengan kondisi jalan atau rute yang dilintasi sekarang ini didominasi jalan berbatu, huhuhuhu.

Berdasarkan tulisan Pasang Ban Tubeless Di Yamaha Mio J yang diterbitkan pada tanggal 5 Februari 2016, bisa dihitung bahwa ban tersebut telah bertugas selama sekitar 3 tahun 1 bulan dengan jarak tempuh 21.833,3 kilometer. Termasuk cukup awet menurutku jika melihat kondisi jalan yang dilalui beberapa bulan terakhir.

Sebetulnya aku cukup puas dengan performa ban FDR Sport XR Evo, akan tetapi dengan mempertimbangkan perubahan rute yang mayoritas didominasi jalan berbatu dan tanah, maka penggunaan ban FDR Sport XR Evo aku nilai akan terasa kurang maksimal, agak boros dan mubazir.

Pilihanku kali ini jatuh pada ban jenis dual purpose, yaitu ban yang nyaman digunakan di jalanan tanah berbatu dan juga tidak bermasalah ketika melintasi jalanan aspal mulus. Ban tersebut adalah Swallow Street Enduro SB-117 dengan ukuran 80/90-14. Aku rasa ban yang masih satu keluarga dengan ban merk Deli Tire dan Delium ini akan cocok digunakan. Oh iya, ban ini juga adalah ban jenis tubeless atau tidak memerlukan ban dalam.

ban masih dalam kemasan
ban masih dalam kemasan

Setelah mengetahui target ban yang akan dibeli, langsung deh aku pergi ke kedai ban langganan di sekitar daerah Tanjung Karang, Bandar Lampung. Dan kebetulan ban yang dicari ada stoknya, hehehehe. Ban tersebut dihargai Rp.151.000,- (harga per Maret 2019), tak lupa pula aku membeli 2 buah pentil ban tubeless seharga @Rp.5.000,-. Jadi total belanja adalah Rp.161.000,-.

Oh iya, salah satu hal penting dalam membeli ban adalah kode waktu produksi, pilihlah ban yang kode waktu produksinya dekat dengan waktu beli. Pada contoh kasus kali ini aku mendapatkan ban tersebut dengan kode waktu produksi '4918' yang artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-49 tahun 2018 atau pada minggu pertama bulan Desember tahun 2018.

kode waktu produksi
kode waktu produksi
nota belanja
nota belanja

Nah, ban baru sudah didapat, langkah selanjutnya adalah memasangnya untuk menggantikan ban lama.

ban baru dan ban lama
ban baru dan ban lama

Tarraaa, beginilah penampakannya setelah dipasang. Terlihat lebih gagah dan kekar, hehehehe.

penampakan dari dekat
penampakan dari dekat
penampakan ban belakang
penampakan ban belakang

Sebagai acuan dan pengingat, catat odometer saat penggantian ban untuk menentukan waktu penggantian ban berikutnya. ^,^

odometer saat penggantian ban
odometer saat penggantian ban

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...