24 September 2014

Mantang Madu (Ubi Cilembu) Kukus

Mantang Madu Kukus ala Rika
Mantang Madu Kukus ala Rika


Di sekitar tempatku sepertinya sedang musim mantang madu, hal ini terlihat dari melimpahnya komoditas tersebut di pasar tradisional setempat dan harganya yang lebih murah dari biasanya. Oh iya, mantang adalah sebutan lokal di tempatku (baca: Lampung) untuk ubi jalar, ketela rambat, telo pendem, tila, keledek, betatas atau sweet potato. Nama ilmiahnya adalah Ipomoea batatas

Mantang madu atau ubi madu adalah salah satu varian ubi yang terkenal dengan rasanya yang manis, terlebih jika diolah dengan cara dipanggang atau di-oven dalam waktu tertentu, di mana ubi tersebut akan mengeluarkan getah yang rasanya manis dan berwarna kecokelatan seperti madu. Oh iya, mantang madu ini juga dikenal dengan nama Ubi Cilembu, sesuai dengan nama daerah di mana konon ubi jenis ini banyak dibudidayakan, yaitu di daerah Cilembu, Sumedang, Jawa Barat.

Hmm, pada kesempatan kali ini aku akan mengolah mantang madu tersebut dengan cara yang mudah dan murah meriah, yaitu dikukus. Pasalnya anak-anak di asrama kurang begitu suka jika diolah dengan cara dipanggang atau di-oven. Alasan mereka karena rasanya yang terlalu manis dan terasa agak lengket di mulut ketika dimakan.

Oke deh, ayo kita mulai acara main masak-masakannya, hehehehe.

Bahan-bahan:
-  750 gr mantang madu (ubi madu)
-  Secukupnya air, untuk mengukus

Cara pembuatan:
  1. Cuci bersih mantang atau ubi. Jika umbinya terlalu besar bisa dipotong sesuai selera.

    siapkan ubi
    siapkan ubi

  2. Siapkan dandang pengukus, lalu isi dengan air secukupnya. Kemudian susun mantang di dalam dandang pengukus tersebut, lalu masak di atas api kecil-sedang.

    siap dikukus
    siap dikukus

  3. Pasang tutup dandang agar lebih cepat matang dan matang merata.

    pasang tutup dandang
    pasang tutup dandang

  4. Setelah sekitar 30 menit mantang atau ubi kukus telah matang. Matikan api kompor, lalu buka tutup dandang, kemudian diamkan sejenak agar panasnya berkurang.

    telah matang
    telah matang

  5. Setelah panasnya berkurang sajikan di dalam sebuah piring atau wadah.

    sajikan
    sajikan

  6. Tarraaa, Mantang Madu Kukus ala Rika siap untuk dinikmati. ^,^

    Mantang Madu Kukus ala Rika
    Mantang Madu Kukus ala Rika

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...