17 September 2014

Perkakas Sederhana Yang Wajib Ada Di Rumah

Perkakas Wajib Di Rumah
Perkakas Wajib Di Rumah

Permasalahan seperti kran air rusak, pipa bocor, bohlam lampu putus, atap rumah bocor dan sebagainya mungkin pernah kita alami, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar di dalam kehidupan. Nah, sebagai pemilik atau penghuni rumah, kita harus bisa mengambil tindakan apabila suatu saat mengalami permasalahan tersebut.

Pada permasalahan seperti kran air rusak dan mengganti bohlam lampu putus sebetulnya termasuk permasalahan yang sangat mudah diatasi dan bisa diselesaikan oleh kita sendiri tanpa perlu memanggil atau mendatangkan tukang atau ahlinya, hehehehe. Namun biasanya permasalahan tersebut tidak bisa kita selesaikan sendiri sebab tidak tersedianya alat bantu atau perkakas untuk mengerjakannya.

Oke deh, berikut daftar perkakas atau alat bantu yang sebaiknya dimiliki dan tersedia di rumah.
  1. Palu
    Palu berhubungan erat dengan paku. Palu digunakan untuk menanam paku pada tembok atau permukaan lainnya. Sebaiknya memilih palu yang bentuknya seperti gambar, karena selain untuk memukul dan menanam paku, pada bagian lainnya dapat digunakan sebagai tuas atau pengungkit untuk mencabut paku yang telah ditanam.

    palu
    palu

  2. Obeng
    Penggunaan obeng berkaitan dengan sekrup yang banyak digunakan pada alat-alat dan barang-barang rumah tangga lainnya. Fungsinya sebagai alat bantu untuk mengencangkan dan atau mengendurkan sekrup. Obeng dibedakan berdasarkan pada bagian mata atau ujungnya, lazimnya berbentuk plus (+) dan min (-).

    obeng
    obeng

  3. Tespen
    Alat yang satu ini digunakan untuk memeriksa arus listrik. Biasanya berhubungan dengan stop kontak, sakelar, fitting dan komponen listrik lainnya.

    tespen
    tespen

  4. Tang
    Ada beberapa jenis tang yang dibedakan sesuai dengan fungsinya. Biasanya yang tersedia pada skala rumahan adalah tang potong dan tang jepit. Sesuai dengan namanya tang potong digunakan untuk memotong, biasanya untuk memotong kabel atau kawat. sementara tang jepit digunakan sebagai alat bantu untuk menjepit.

    tang
    tang

  5. Gergaji
    Fungsi utama gergaji adalah untuk memotong. Pada skala rumahan biasanya terdapat 3 jenis gergaji yang sesuai dengan bahan yang akan dipotongnya, yaitu gergaji kayu, gergaji besi dan gergaji triplek. Untuk gergaji besi biasanya digunakan juga untuk memotong pipa pvc (pralon).

    gergaji
    gergaji

  6. Bor
    Fungsi utamanya adalah untuk membuat lubang. Pada skala rumahan bor biasanya digunakan untuk melubangi dinding, kayu dan permukaan lainnya. Yang harus diperhatikan dalam menggunakan bor adalah pilih dan gunakan mata bor sesuai dengan peruntukannya.

    bor
    bor

  7. Kunci Inggris
    Kunci Inggris bisa disebut dengan kunci pas serbaguna karena ukurannya bisa disesuaikan. Namun karena kefleksibelannya tersebut, kunci Inggris kurang cocok digunakan untuk mengendurkan atau mengencangkan baut dan mur yang terbuat dari besi atau sejenisnya karena rawan terjadi slek atau rusak pada bagian kepala baut dan mur. Lazimnya pada skala rumahan kunci Inggris digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan kran air, sambungan pipa, baut penguras bak air, dan lain sebagainya.

    kunci Inggris
    kunci Inggris

  8. Kunci pas, kunci ring, kunci sok
    Ketiga kunci ini digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan baut dan mur. Ketiga kunci ini memiliki ukurannya masing-masing. Akan lebih baik apabila di rumah tersedia semua ukurannya (1 set). Jika dirasa harganya mahal, cukup sediakan kunci tersebut dengan ukuran 8, 10, 12, 14, 17 dan 24 karena ukuran tersebut lazim digunakan.

    kunci pas, ring, sok
    kunci pas, ring, sok

  9. Kuas
    Utamanya kuas digunakan untuk mengecat, akan tetapi bisa juga dipakai sebagai alat bantu untuk membersihkan debu pada tempat-tempat yang sulit dijangkau hanya dengan menggunakan tangan.

    kuas
    kuas

  10. Tangga
    Tangga digunakan untuk menjangkau atau naik ke tempat yang lebih tinggi. Biasanya tangga digunakan pada saat mengganti bohlam lampu yang terletak di plafon atau langit-langit rumah. Selain itu juga biasa digunakan sebagai alat bantu untuk naik ke atap rumah.

    tangga
    tangga

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...