8 Januari 2021

Menaikkan Kelas Tanaman Pandan Wangi

Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)
Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius)

Hmm, ketika sedang mencari referensi tentang tanaman hias di kanal YouTube, aku agak heran dan menahan senyum saat menonton video tentang tanaman bonsai putri malu (Mimosa pudica). Yup, putri malu. Tanaman berduri yang sering diabaikan dan tumbuh liar, bahkan sering dianggap sebagai tanaman pengganggu, huhuhuhu.

Berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa setiap tanaman memiliki potensi menjadi tanaman hias atau menjadi lebih bernilai dan berharga setelah disentuh oleh tangan yang berjiwa seni, hohohoho. Tapi yang perlu diingat, nilai dan harga barang seni biasanya agak abu-abu alias relatif sesuai kesepakatan antara si penjual dan pembeli. Terkadang nilai dan harganya sering tidak masuk akal dan bikin geleng-geleng kepala. Yup, contohnya seperti tanaman janda bolong (monstera) yang sempat viral beberapa waktu lalu.

tanaman pandan wangi ditanam ala kadarnya, hehehehe
tanaman pandan wangi ditanam ala kadarnya, hehehehe

Oh iya, pada kesempatan kali ini aku tidak akan membahas tentang tanaman putri malu ataupun janda bolong (monstera). Tetapi yang akan aku bahas adalah tentang salah satu cara menaikkan kelas atau nilai dari tanaman pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) yang kebetulan di halaman rumahku ada beberapa rumpun dan tumbuh cukup subur.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli tanaman pandan wangi di sini:

pandan wangi
bukalapak

shopee

tokopedia


blibli

Tanaman pandan wangi biasanya hanya dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa perawatan ekstra dan hanya dimanfaatkan daunnya saja ketika ingin membuat kue, kolak atau air gula. Nah, aku rasa tanaman pandan wangi juga cocok dijadikan sebagai tanaman hias dengan sedikit sentuhan seni. Aku rasa tanaman ini sangat cocok dan terlihat lebih menarik jika ditanam di dalam pot yang berwarna putih polos. Jadi akan terlihat lebih kontras dan berwarna, di mana terlihat gabungan tiga warna, yaitu hijau (pandan), hitam (tanah) dan putih (pot).

Oke deh, ayo kita mulai acara make over tanaman pandan wanginya, hehehehe.
  1. Siapkan bahan dan peralatan berupa, tanaman pandan wangi yang cukup subur, pot berwarna putih polos, tanah sekam bakar, sendok semen, gunting dan air.

    alat dan bahan
    alat dan bahan

  2. Taruh secukupnya (sekitar tinggi 3-4 cm) tanah sekam bakar ke dalam pot. Pada langkah ini cukup diisi secukupnya saja untuk bagian dasar. 

    taruh tanah sekitar tinggi 3-4 cm ke dalam pot
    taruh tanah sekitar tinggi 3-4 cm ke dalam pot

  3. Kemudian pisahkan atau ambil tanaman pandan dari pot atau wadah tanam yang lama. Lakukan secara hati-hati agar akarnya tidak putus.

    ambil tanaman dari wadah yang lama
    ambil tanaman dari wadah yang lama

  4. Kemudian taruh tanaman pandan tersebut ke dalam pot yang baru, lalu isi kembali pot tersebut dengan tanah sekam bakar hingga tanaman dapat berdiri kokoh. Oh iya, apabila akarnya terlalu panjang dan rimbun bisa dipotong secukupnya. Serta jika ada daun yang posisinya berada terlalu di bawah atau juga daun yang rusak bisa dibuang atau dipotong.

    tanam ke dalam pot baru
    tanam ke dalam pot baru
    tambah lagi tanahnya dan padatkan
    tambah lagi tanahnya dan padatkan

  5. Tarraaa, selesai deh. ^,^

    pekerjaan selesai
    pekerjaan selesai

Bagaimana? Terlihat lebih cantik dan menarik kan setelah di-make over, hohohoho.

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...