19 Desember 2022

Cara Melepas Dan Memasang Bottom Bracket Model Kotak

Bottom Bracket (BB) Sepeda
Bottom Bracket (BB) Sepeda

Yup, tulisan kali ini masih seputar Phoneng, yaitu sepeda kesayangan si Leka, hohohoho. Setelah pada tulisan sebelumnya telah dibahas tentang bagian crank (engkol) dan pedal sepeda, maka kali ini aku akan membahas tentang bagaimana cara melepas dan memasang bottom bracket atau yang sering disingkat dengan 'BB'. Sebagai informasi, pada sepeda lipat New Phoenix 2025 RX (Phoneng) menggunakan 'BB model kotak' atau Cartridge Bottom Bracket.

Oke deh, ayo kita mulai acara main jadi tukang servis sepedanya, hehehehe.
  1. Siapkan peralatan berupa kunci pas 16', kunci ring-pas 24' (atau gagang kunci sok 1/2'), obeng (-), kunci treker crank dan kunci bottom bracket model kotak. Oh iya, siapkan juga cairan penetran, gemuk (grease) dan kain lap.

    aneka peralatan
    aneka peralatan

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli kunci BB model kotak di sini:

    kunci BB kotak
    shopee


    tokopedia


    blibli


    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli kunci pas 24' di sini:

    kunci ring 24
    shopee


    tokopedia


    blibli


  2. Agar bottom bracket (BB) bisa dilepas, sebelumnya kita harus melepas crank sebelah kiri dan kanan beserta chainring. Supaya tulisan ini tidak terlalu panjang, proses melepas crank sepeda bisa dibaca pada tulisan sebelumnya: Cara Melepas Crank Sepeda.

    epas crank sebelah kiri
    lepas crank sebelah kiri
    lepas crank sebelah kanan dan chainring
    lepas crank sebelah kanan dan chainring

  3. Setelah itu lepas lock ring BB yang berada pada sisi sebelah kiri sepeda (lihat gambar atas). Caranya dengan menggunakan kunci BB (lihat gambar bawah).

    lepas lock ring BB
    lepas lock ring BB
    pasang kunci BB
    pasang kunci BB

  4. Lalu putar berlawanan arah jarum jam dengan bantuan kunci ring 24' atau gagang kunci sok atau bisa juga dengan kunci Inggris. Lakukan sampai lock ring lepas dari tempatnya. Apabila susah diputar, semprotkan cairan penetran di sekitar bagian tersebut.

    (1) putar kunci BB dengan bantuan kunci ring 24'
    (1) putar kunci BB dengan bantuan kunci ring 24'
    (2) putar kunci BB dengan bantuan gagang kunci sok
    (2) putar kunci BB dengan bantuan gagang kunci sok

    lock ring telah dilepas
    lock ring telah dilepas

  5. Setelah itu lakukan hal yang sama pada sisi bagian kanan sepeda, hanya saja untuk melepas atau mengendurkan pada sisi bagian kanan kunci diputar searah jarum jam (lihat gambar atas). Apabila susah diputar, semprotkan cairan penetran di sekitar bagian tersebut. Kemudian tarik keluar bottom bracket dari sisi sebelah kanan sepeda (lihat gambar bawah).

    putar kunci searah jarum jam
    putar kunci searah jarum jam
    BB telah dilepas
    BB telah dilepas

  6. Periksa kondisi dan kinerja bottom bracket (BB) apakah masih layak pakai atau mesti diganti. Lazimnya sejalan dengan usia pemakaian dan jarak tempuh sepeda, kinerja BB akan berkurang, misalnya seperti gowesan engkol tidak lancar atau terasa berat, timbul gejala oblak, serta masalah lainnya. Sesuai pengalaman, biasanya komponen yang mengalami kerusakan adalah laher (bearing).

    Solusi praktis dan mudahnya adalah dengan mengganti satu paket bottom bracket (BB) tersebut, toh harganya juga tidak terlalu mahal kok, hehehehe. Hmm, tetapi untuk yang punya jiwa oprek atau suka tantangan lebih, anda sebetulnya tidak perlu mengganti BB satu paket, tetapi cukup mengganti lahernya (bearing) saja. Lebih hemat uang tetapi akan lebih memakan waktu, hehehehe.

    Oh iya, kode bearing-nya 6002 RS dengan jumlah 2 buah. Sementara jika ingin menggantinya satu paket, bottom bracket (BB) pada sepeda New Phoenix 2025 RX spesifikasinya adalah BB model kotak, BC1, 375 x 24T, 68/122.

    Bottom Bracket (BB) model kotak
    Bottom Bracket (BB) model kotak
    kode bearing 6002 RS
    kode bearing 6002 RS

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli BB model kotak 68 mm di sini:

    bb kotak
    shopee


    tokopedia


    blibli


  7. Sebelum bottom bracket (BB) dipasang pada tempatnya, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dudukannya dari kotoran, biasanya jika BB tidak pernah dilepas dalam jangka waktu yang lama terdapat kotoran dan juga karat.

    bersihkan dudukan BB
    bersihkan dudukan BB

  8. Sebelum bottom bracket (BB) dipasang ke tempatnya, lapisi tipis gemuk (grease) pada bagian yang ada drat/ulirnya (lihat tanda panah).

    lapisi gemuk (grease)
    lapisi gemuk (grease)

  9. Kemudian pasang bottom bracket (BB) pada dudukannya melalui sisi sebelah kanan sepeda (lihat tanda panah), lalu kencangkan menggunakan kunci BB dengan arah putaran berlawanan jarum jam.

    pasang BB pada tempatnya
    pasang BB pada tempatnya

  10. Kemudian kita pindah ke sisi kiri sepeda. Lapisi lock ring dengan gemuk (grease), lalu pasang pada tempatnya, kencangkan menggunakan kunci BB dengan putaran searah jarum jam. Selesai deh. ^,^

    lock ring
    lock ring
    lock ring telah dipasang
    lock ring telah dipasang

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...