4 Januari 2021

Cara Memindah Anakan Kaktus Bulu Cokelat

Kaktus Bulu Cokelat
Kaktus Bulu Cokelat

Pada sore hari ini Ain dan Leka kembali melakukan eksperimen di kebun mini garapan mereka. Belakangan ini mereka sedang gemar dan antusias membudidayakan tanaman kaktus berukuran kecil (mini). Nah, rencana mereka kali ini adalah melakukan proses pemindahan anakan pada tanaman kaktus bulu cokelat. Kebetulan di halaman rumah ada satu pot kecil tanaman kaktus bulu cokelat yang sudah siap untuk dipindah anakannya.

indukan
indukan

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli tanaman kaktus bulu cokelat di sini:

kaktus bulu cokelat
shopee

tokopedia

blibli


Oke deh, mari kita lihat Ain dan Leka melakukan proses pemindahan anakan tanaman kaktus bulu cokelat di kebun mini garapan mereka, hohohoho.
  1. Siapkan peralatan berupa sendok untuk mengaut tanah (media tanam) dan kain lap. Sementara bahan yang disiapkan adalah tempat tanam berupa pot kecil dan media tanam yang digunakan adalah campuran tanah, sekam bakar dan pupuk kandang.

    alat & bahan (1)
    alat & bahan (1)
    alat & bahan (2)
    alat & bahan (2)

  2. Lalu pindahkan atau pisahkan anakan dari tanaman induk. Caranya cukup memisahkan anakan yang sudah memiliki akar untuk hasil yang lebih baik. Oh iya, jika saat proses memindahkan anakan dari indukan anda takut terkena durinya, gunakan kain lap atau sarung tangan. Hmm, sebetulnya ada lebih dari satu anakan yang dapat dipindahkan dari tanaman induk, namun pada contoh kasus kali ini akan dipindah cukup salah satu anakan saja.

    anakan telah tumbuh akar
    anakan telah tumbuh akar
    anakan yang akan dipisah
    anakan yang akan dipisah
    anakan telah dipisahkan
    anakan telah dipisahkan

  3. Kemudian bersihkan anakan dari kotoran sebelum ditanam. Apabila akarnya dirasa terlalu banyak dan panjang, bisa dipotong atau dibuang sebagian.

    bersihkan sebelum ditanam
    bersihkan sebelum ditanam

  4. Kemudian masukkan media tanam (campuran tanah, sekam bakar dan pupuk kandang) ke dalam pot kecil. Lalu buat cekungan di bagian tengahnya (lihat tanda panah).

    siapkan media tanam
    siapkan media tanam

  5. Kemudian tanam anakan kaktus pada cekungan yang telah dibuat, lalu ratakan dan rapihkan permukaan media tanam (lihat tanda panah). Pastikan tanaman dapat berdiri tegak.

    tanam & rapihkan
    tanam & rapihkan

  6. Kemudian taruh di tempat yang diinginkan. Selesai deh. ^,^

    taruh di tempat yang diinginkan
    taruh di tempat yang diinginkan

Catatan: tanaman kaktus bulu cokelat sangat mudah sekali merawatnya, yaitu cukup ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari baik secara langsung ataupun tidak langsung. Serta cukup disiram 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar