31 Juli 2020

Cara Mudah Menanam Pohon Bintaro

Bibit Pohon Bintaro
Bibit Pohon Bintaro

Tanaman bintaro yang memiliki nama ilmiah Cerbera odollam merupakan salah satu jenis tanaman atau pohon yang lazim ditanam sebagai tanaman peneduh karena pohonnya yang rindang dan pertumbuhannya yang relatif cepat. Pohon ini dapat tumbuh hingga setinggi sekitar 12 meter. Di negara jiran kita, Malaysia, pohon ini disebut dengan pokok pong-pong.

pohon bintaro
pohon bintaro

Pohon bintaro biasa kita temui di tepi jalan yang berfungsi sebagai tanaman peneduh. Habitat asal tanaman ini adalah di daerah sekitar pesisir pantai. Selain sebagai tanaman peneduh, secara tradisional buah dari tanaman ini lazim digunakan oleh masyarakat untuk mengusir hama tikus. Kemudian dengan kemajuan teknologi, biji bintaro dapat diolah menjadi minyak atau bahan bakar alternatif (biofuel).

suasana di bawah pohon bintaro
suasana di bawah pohon bintaro

Oke deh, pada tulisan kali ini aku akan menjelaskan tentang cara mudah mengembangbiakkan atau menanam pohon bintaro. Yup, menurutku cara termudah adalah melalui buahnya. Secara alami pohon bintaro akan berbunga dan lalu berbuah. Kemudian buah yang sudah tua akan gugur atau jatuh dengan sendirinya. Nah, buah yang jatuh secara alami inilah yang akan menjadi tanaman baru yang berdiri sendiri.

buah bintaro
buah bintaro

Buah yang baru saja jatuh dari pohon lazimnya masih berwarna hijau dan masih keras. Oh iya, ukuran buah bintaro kira-kira seukuran buah apel atau buah markisa. Seiring berjalannya waktu, kulit dari buah yang berwarna hijau tersebut akan berubah warnanya menjadi merah marun atau cokelat tua, lalu kulit tersebut akan membuka atau mengelupas dengan sendirinya (lihat gambar di bawah).

perubahan kondisi buah
perubahan kondisi buah

Taruh saja buah tersebut di atas permukaan tanah atau di atas pasir, lebih bagusnya di tempat yang lembab. Kemudian tunggu saja sampai buah tersebut mengeluarkan tunas dan akar.

mulai tumbuh akar
mulai tumbuh akar

Setelah cukup tumbuh daun dan akar, tanaman tersebut sudah bisa dipindahkan ke lahan atau tempat tanam yang diinginkan, misalnya di halaman depan rumah atau di tepi jalan. Soal perawatan, tanaman ini sangat mudah dan tidak rewel. Penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari. Nah, kemudian setelah 2-3 tahun pohon bintaro akan mulai berbunga dan berbuah. ^,^

bibit siap ditanam
bibit siap ditanam


Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli bibit buah bintaro di sini:

bibit bintaro
bukalapak

shopee

tokopedia

jd.id

blibli


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...