13 Juli 2018

Cara Melepas Sambungan Pada Pipa PVC

Cara Melepas Sambungan Pada Pipa PVC (Pralon)
Cara Melepas Sambungan Pada Pipa PVC (Pralon)

Pernah bermasalah dengan saluran air bersih di rumah? Hmm, mayoritas pasti pernah lah ya, terlebih pada rumah yang sudah cukup lama dihuni, hehehehe. Kasus yang sering ditemui biasanya adalah bocor, pecah, buntu, kran rusak atau merubah/merombak alur saluran air tersebut karena sesuatu hal.

Pada kasus disebut terakhir biasanya diambil jalan pintas (shortcut) untuk menghemat waktu dan memudahkan pekerjaan, yaitu dipotong dan diganti dengan yang baru, hehehehe. Hmm, padahal jika kondisi pipa dan sambungan pipa masih bagus dan masih layak pakai, sebenarnya bagian-bagian tersebut tidak perlu diganti dengan yang baru, cukup diakali saja, hehehehe.

Nah, pada tulisan kali ini aku akan memberi tahu trik cara melepas sambungan pada pipa pvc (pralon) yang sudah direkatkan dengan lem pipa pvc. Hmm, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, pada kasus kali ini aku akan menggunakan cairan minyak rem (brake fluid) sebagai bantuannya. Tujuan utama dari pekerjaan kali ini adalah melepas dan mengambil stop kran (pvc ball valve) yang terpasang pada instalasi sebelumnya untuk dipakai kembali pada instalasi baru (setelah dirombak).

Hmm, oke deh, ayo kita mulai prakteknya, hehehehe.

Alat dan bahan yang diperlukan:
-  minyak rem (brake fluid)
-  sikat gigi
-  tang
-  kain lap

minyak rem (brake fluid)
minyak rem (brake fluid)

Oke deh, mari kita mulai prakteknya, hehehehe.
  1. Oleskan minyak rem pada sambungan atau area yang akan dilepas. Gunakan sikat gigi untuk meratakan minyak rem, usahakan cairan minyak rem masuk ke celah-celah sambungan. Kemudian tunggu beberapa saat. Setelah itu coba tarik kedua ujung sisi sambil diputar-putar. Apabila masih belum bisa dilepas, ulangi kembali. Lama proses ini tergantung dari kerekatan lem, jadi kalau memakan waktu lama yang sabar yah, hehehehe.

    oles dan ratakan minyak rem pada sambungan pipa
    oles dan ratakan minyak rem pada sambungan pipa

  2. Nah, akhirnya sambungan pun bisa dilepas setelah melakukan langkah di atas sebanyak beberapa kali, hehehehe. Hmm, akan tetapi yang berhasil lepas adalah pada bagian sambungan yang tidak dibutuhkan, sedangkan pada bagian yang dibutuhkan (dalam hal ini adalah bagian stop kran atau pvc ball valve) masih menempel sebagian kecil pipa pvc, huhuhuhu. Hmm, artinya kita harus mengulangi langkah seperti sebelumnya. Tapi tenang saja, pada langkah ini tidak akan sesulit seperti langkah sebelumnya karena pada dasarnya bagian tersebut sudah mendapat dampak dari langkah sebelumnya, jadi hanya melanjutkannya saja. Oh iya, pada langkah ini bisa digunakan tang sebagai alat bantu untuk menjepit dan menarik pada bagian pipa yang masih menempel pada stop kran.

    melepas sisa pipa pada stop kran
    melepas sisa pipa pada stop kran

  3. Yuhu, akhirnya kedua bagian tersebut pun berhasil dilepas, hehehehe. Oh iya, segera bilas stop kran (pvc ball valve) dengan air bersih mengalir agar bersih dari cairan minyak rem karena stop kran tersebut akan digunakan atau dipasang kembali pada instalasi saluran air bersih. ^,^

    sisa pipa pvc telah dilepas
    sisa pipa pvc telah dilepas

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar