2 Desember 2013

Tingkatan Pengguna (User Level) Pada WordPress

Tingkatan Pengguna (User Level) Pada Wordpress
Tingkatan Pengguna (User Level) Pada WordPress

Pengaturan tingkatan pengguna atau user level pada Wordpress akan terasa manfaatnya apabila blog tersebut dikelola secara bersama-sama atau gotong-royong, dalam artian ada beberapa orang atau pengguna (user) yang diberi wewenang untuk menulis dan menambah artikel pada blog tersebut. Serta bisa juga merubah tampilan atau menghias blog tersebut agar blog tersebut tidak terlalu terlihat statis.

Secara default ada 5 tingkat pengguna pada Wordpress, yaitu Administrator, Editor, Author, Contributor dan Subscriber. Untuk lebih jelasnya silahkan baca uraian di bawah ini.

jenis penggunas (user) di WordPress
jenis pengguna (user) di WordPress

  1. Pelanggan (Subscriber)
    Pelanggan atau subscriber adalah tingkat pengguna yang paling rendah. Pengguna pada tingkat ini hanya memiliki hak untuk berkomentar pada artikel dan halaman pada blog tersebut. Perbedaan antara subscriber dengan guest (tamu) adalah subscriber lebih eksklusif karena sejatinya mereka adalah termasuk anggota dari blog tersebut. Subscriber juga bisa membaca tulisan dan berkomentar pada artikel dan halaman yang bersifat privat atau hanya dipublikasikan untuk intern atau anggota blog tersebut.
    ..
  2. Kontributor (Contributor)
    Kontributor adalah pengguna yang memiliki hak lebih banyak dari subscriber. Pengguna pada level ini bisa menulis artikel pada blog tersebut, tetapi hanya sebatas draf tulisan atau tidak dapat mempublikasikannya sendiri. Yang dapat mempublikasikan tulisan kontributor adalah pengguna dengan level editor (penyunting) dan administrator.
    .
  3. Penulis (Author)
    Penulis atau author memiliki hak untuk menulis, mengedit dan menerbitkan tulisan yang dibuatnya sendiri. Selain itu, mereka juga diberi hak untuk menghapus tulisan mereka sendiri yang sudah diterbitkan.
    .
  4. Penyunting (Editor)
    Penyunting atau editor diberi hak akses yang lebih banyak daripada penulis atau author. Pengguna di level ini memiliki hak untuk mengedit dan menghapus tulisan dari pengguna lainnya. Selain itu juga mereka diberi kewenangan untuk menerbitkan dan menghapus komentar dari pengguna lain dan dari pengunjung (tamu) pada tulisan di blog tersebut (moderasi komentar).
    .
  5. Administrator
    Administrator adalah tingkatan tertinggi dari pengguna karena memiliki hak akses penuh pada blog tersebut. Selain hak akses pada tulisan atau artikel, mereka juga memiliki akses untuk melakukan konfigurasi sistem, tampilan dan pengaturan tingkatan pengguna (user level) pada blog tersebut.

Oke deh, itulah penjelasan tentang tingkatan pengguna atau user level pada WordPress. Semoga bermanfaat. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...