13 Desember 2013

Cara Menghidupkan Dan Mematikan Mesin Mobil Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super (5K)
Toyota Kijang Super (5K)

Materi awal dalam rangkaian pelajaran mengendarai mobil adalah menghidupkan mesin mobil dan mematikannya. Nah, pada tulisan kali ini aku akan memberikan pengalamanku tentang mengendarai mobil. Oh iya, pada kasus kali ini mobil yang digunakan sebagai alat peraga adalah mobil Toyota Kijang Super (5K-KF40) atau yang biasa aku sebut dengan si Kirun (Kijang Super warna merah marun), hehehehe.

Oke deh, ayo kita mulai acaranya.

Cara menghidupkan mesin:
  1. Masuklah ke dalam kabin mobil, lalu duduklah di kursi kemudi.
  2. Periksa tuas persneling (lihat panah A) dan pastikan berada dalam posisi netral. Karena ini adalah mobil bertransmisi manual, maka untuk memindahkan posisi persneling dibantu dengan menginjak pedal kopling (lihat panah B), pedal yang berada paling sebelah kiri.

    pastikan persneling pada posisi netral
    pastikan persneling pada posisi netral
    pola transmisi
    pola transmisi

  3. Masukkan anak kunci ke dalam lubang kunci kontak yang berada di sekitar bawah kemudi (setir) sebelah kanan (lihat tanda panah). Oh iya, pada mobil ini ada empat posisi anak kunci pada lubang kunci yang masing-masing ada fungsinya, yaitu: LOCK - ACC - ON - START.

    masukkan kunci
    masukkan kunci

  4. Kemudian putar anak kunci ke arah kanan atau ke posisi ACC (accessories). Pada posisi ACC ini, kelistrikan dari aki mengalir ke aksesoris, misalnya pada tape audio dan pemantik api (lighter).
    Oh iya, pada mobil ini aku pasang voltmeter digital yang dipasang ke socket pemantik api (lighter), fungsinya sih sederhana yaitu untuk melihat tegangan aki mobil tanpa harus perlu memeriksa aki langsung secara manual di ruang mesin. Voltmeter tersebut akan menampilkan angka tegangan aki pada saat anak kunci berada di posisi ACC dan ON.

    putar kunci ke posisi ACC
    putar kunci ke posisi ACC
    periksa tegangan aki pada voltmeter
    periksa tegangan aki pada voltmeter

  5. Kemudian putar lagi anak kunci ke arah kanan, ke posisi ON. Pada posisi ini, beberapa lampu indikator pada panel speedometer akan menyala, selain itu juga jarum indikator volume bensin dan suhu mesin mobil akan mulai bekerja.

    putar kunci ke posisi ON
    putar kunci ke posisi ON
    periksa indikator pada panel speedometer
    periksa indikator pada panel speedometer

  6. Nah, sekarang saatnya menghidupkan mesin mobil. Setelah semua dirasa siap sedia, putar lagi anak kunci ke arah kanan, ke posisi START. Tahan sejenak sampai mesin hidup. Setelah mesin hidup, secara otomatis posisi anak kunci akan kembali ke posisi ON.
    Setelah mesin hidup, normalnya lampu indikator aki dan oli akan mati atau padam.

    puatar dan tahan kunci ke posisi START
    putar dan tahan kunci ke posisi START
    lampu indikator aki dan oli padam
    lampu indikator aki dan oli padam

  7. Selesai deh. Nah, kalau hanya ingin memanaskan mesin mobil cukup dihidupkan selama 3-4 menit saja, tidak perlu lama-lama. ^,^

Cara mematikan mesin:
  1. Proses mematikan mesin mobil sangat mudah, yaitu cukup memutar anak kunci ke arah kiri atau ke posisi ACC atau LOCK. Hmm, tapi perhatikan dan pastikan mobil sudah dalam keadaan berhenti dan berada di posisi yang aman.

    putar kunci ke arah kiri
    putar kunci ke arah kiri

  2. Setelah mesin mati, tekan dan tahan tombol yang terletak di sekitar lubang kunci (lihat panah A), lalu putar anak kunci ke kiri atau ke posisi LOCK (lihat panah B).

    tahan tombol (A) dan putar kunci ke posisi LOCK (B)
    tahan tombol (A) dan putar kunci ke posisi LOCK (B)

  3. Selesai, mudah sekali bukan? ^,^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...