21 Januari 2022

Cara Mendapatkan Tiket Vaksin Ketiga (Booster) COVID-19

Vaksinasi COVID-19 Ketiga (Booster) Gratis
Vaksinasi COVID-19 Ketiga (Booster) Gratis

Yup, mulai tanggal 17 Januari 2022 pemerintah kembali melakukan proses vaksinasi COVID-19 lanjutan atau vaksin ketiga atau vaksin booster untuk masyarakat umum. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa vaksinasi yang ketiga ini hanya akan diberikan secara gratis untuk kelompok tenaga kesehatan, kelompok petugas layanan publik, kelompok lanjut usia di atas 60 tahun (lansia) dan kelompok penerima bantuan (kurang mampu). Sementara untuk masyarakat umum selain kelompok tersebut akan dikenakan biaya apabila ingin mendapatkan vaksin booster.

Namun, pemerintah membatalkan skema vaksin berbayar tersebut dengan pertimbangan sebagai pencegahan melonjaknya gelombang kasus varian baru (Omicron) dan juga untuk menambah daya imunitas warga negaranya. Hal tersebut dipertegas oleh Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa seluruh penduduk Indonesia akan mendapatkan vaksin booster (ketiga) secara cuma-cuma atau gratis.

Vaksin ketiga (booster) akan diberikan apabila anda telah menerima dua kali vaksinasi COVID-19 dan dengan jarak waktu telah lebih dari 6 bulan dari proses vaksinasi kedua. Nah, kebetulan aku menerima suntikan vaksin yang kedua pada tanggal 21 Juli 2021 dan sekarang adalah tepat tanggal 21 Januari 2022 yang artinya telah memenuhi persyaratan, yaitu telah berselang 6 bulan dari vaksin kedua.

Hmm, untuk mengetahui apakah kita termasuk kriteria yang sudah bisa mendapatkan vaksin ketiga (booster) adalah dengan membuka halaman situs pedulilindungi.id atau bisa juga dengan membuka aplikasi PeduliLindungi pada smartphone. Pada kesempatan kali ini aku akan coba mengetahuinya melalui aplikasi PeduliLindungi pada smartphone.

Oh iya, jika anda belum memasang aplikasi PeduliLindungi pada smartphone anda, silahkan unduh di playstore atau appstore, kemudian install aplikasi tersebut. Oke deh, aku anggap anda sudah memasang aplikasi PeduliLindungi pada smartphone anda. Berikut caranya.
  1. Buka aplikasi PeduliLindungi pada smartphone anda (lihat tanda panah).

    langkah 1
    langkah 1

  2. Kemudian pilih 'Warga Negara Indonesia' (lihat tanda panah).

    langkah 2
    langkah 2

  3. Kemudian beri tanda centang pada pernyataan persetujuan syarat penggunaan dan kebijakan privasi (lihat panah A), lalu tap 'SAYA SETUJU' (lihat panah B).

    langkah 3
    langkah 3

  4. Kemudian masukkan nomor handphone anda yang telah terdaftar pada sistem aplikasi PeduliLindungi (lihat kolom A), lalu tap 'MASUK' (lihat tanda panah).

    langkah 4
    langkah 4

  5. Kemudian sistem akan mengirim SMS ke nomor handphone anda yang berisi kode OTP (One Time Password). Catat dan ingat kode OTP tersebut (lihat tanda panah).

    langkah 5
    langkah 5

  6. Kemudian masukkan kode OTP yang tadi anda terima melalui SMS (lihat panah A). Lalu tap 'VERIFIKASI' (lihat panah B). Oh iya, jangan terlalu lama pada langkah ini karena anda hanya diberi waktu selama 2 menit untuk memasukkan kode OTP.

    langkah 6
    langkah 6

  7. Nah, setelah halaman beranda aplikasi PeduliLindungi terbuka, tap Nama Akun Anda yang berada pada bagian atas kiri layar smartphone (lihat tanda panah).

    langkah 7
    langkah 7

  8. Kemudian pilih 'Status Vaksinasi & Hasil Tes COVID-19' (lihat tanda panah).

    langkah 8
    langkah 8

  9. Kemudian scroll layar ke bawah untuk melihat keterangan informasi vaksin ketiga anda. Apabila anda telah memenuhi syarat, maka anda berhak untuk mendapatkan vaksin ketiga atau booster (lihat tanda panah).

    langkah 9
    langkah 9

  10. Apabila sistem aplikasi PeduliLindungi menyatakan anda sudah berhak mendapatkan vaksin ketiga (booster), maka secara otomatis anda akan mendapatkan 'nomor tiket vaksin' untuk melakukan proses vaksinasi ketiga (booster). Untuk mengetahui dan melihat tiket vaksin tersebut, buka kembali halaman akun anda (seperti pada langkah 7 dan 8), lalu pilih 'Riwayat dan Tiket Vaksin' (lihat tanda panah).

    langkah 10
    langkah 10

  11. Kemudian scroll layar ke bawah sampai ke baris Vaksin Ketiga. Nah, di situ tertera Nomor Tiket Vaksin Ketiga anda (lihat tanda panah). Catat dan simpanlah nomor tiket tersebut.

    langkah 11a
    langkah 11a
    langkah 11b
    langkah 11b

  12. Setelah mendapatkan nomor tiket vaksin ketiga (booster) dan tidak ada keperluan lagi, anda bisa keluar (logout) dari aplikasi Peduli Lindungi. Caranya dengan membuka kembali halaman akun anda, lalu tap 'Keluar' (lihat tanda panah).

    langkah 12
    langkah 12

  13. Kemudian pilih 'Keluar' (lihat tanda panah).

    langkah 13
    langkah 13

  14. Selesai deh. ^,^

    selesai
    selesai

Oke deh, setelah mengetahui anda telah berhak untuk mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan juga telah mendapat nomor tiket vaksin, selanjutnya adalah menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses vaksinasi booster tersebut. Hmm, makin cepat sih makin baik, hehehehe. Tetapi ya disesuaikan juga dengan waktu dan aktivitas anda karena proses vaksinasi ketiga ini menurut informasinya bisa dilakukan di mana saja selama stok vaksin masih tersedia.

Oh iya, soal persyaratan dokumen yang harus dibawa ketika akan melakukan vaksinasi adalah cukup membawa KTP asli beserta fotokopinya, serta nomor tiket vaksin ketiga (berdasarkan informasi yang aku peroleh dari pegawai fasilitas kesehatan di dekat rumahku). ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...