20 Januari 2022

Perubahan Skema Penghasilan Google AdSense Per Maret 2022

Email Dari Google Adsense
Email Dari Google Adsense

Yup, kemarin atau tepatnya pada tanggal 19 Januari 2022, aku mendapat kiriman email dari Google AdSense yang isinya menurutku cukup menarik perhatian, yaitu tentang 'penghasilan YouTube'. Hmm, sepertinya pihak Google melakukan beberapa perubahan tentang skema penghasilan Google AdSense bagi para publisher-nya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penayang iklan (publisher) yang bekerjasama dengan Google melalui program periklanan Google AdSense bisa mendapatkan penghasilan dari beberapa model kerjasama, di antaranya AdSense Blogger, AdSense YouTube dan AdSense Mobile (AdMob). Seorang publisher bisa saja mendapatkan penghasilan dari salah satu model kerjasama tersebut ataupun dari beberapa model kerjasama tersebut.

rincian isi email
rincian isi email

Sebagai contoh, aku adalah salah satu publisher yang melakukan kerjasama dengan 2 (dua) model kerjasama, yaitu AdSense Blogger dan AdSense YouTube karena aku memiliki blog dan kanal (channel) YouTube yang tergabung dengan ikatan kerjasama dengan Google AdSense. Jika sebelumnya seluruh penghasilan, baik itu dari AdSense Blog ataupun AdSense YouTube digabungkan ke dalam satu tempat atau satu akun pembayaran. Nah, dengan pemberitahuan melalui email ini bisa disimpulkan bahwa penghasilan AdSense YouTube akan dipisahkan dari penghasilan AdSense yang lain (AdSense Blog dan AdMob).

Lantas apa dampaknya bagi para publisher?

Hmm, Ya tergantung anda termasuk publisher model yang mana?
  • Jika anda termasuk publisher yang hanya mendapatkan penghasilan dari AdSense Blogger dan atau Adsense Mobile (AdMob), maka anda tidak terdampak dengan kebijakan ini.
  • Jika anda termasuk publisher yang hanya mendapatkan penghasilan dari AdSense YouTube saja, maka anda tidak terdampak dengan kebijakan ini.
  • Jika anda termasuk publisher yang mendapatkan penghasilan dari AdSense Blogger, AdSense Mobile (AdMob) dan AdSense YouTube dengan penghasilan dari masing-masing model kerjasama tersebut per bulannya selalu di atas ambang batas minimal penghasilan, maka anda juga bisa dikategorikan tidak terdampak dengan kebijakan ini.
  • Namun, jika anda termasuk publisher yang mendapatkan penghasilan dari AdSense Blogger, AdSense Mobile (AdMob) dan AdSense YouTube dengan penghasilan dari masing-masing model kerjasama tersebut per bulannya tidak sampai ambang batas minimal penghasilan, maka anda termasuk yang terdampak dengan kebijakan ini. Terutama bagi para publisher kecil yang butuh beberapa bulan lamanya untuk mencapai ambang batas minimal penghasilan atau istilahnya gajian AdSense setiap beberapa bulan sekali.

Hmm, memang pada awal diberlakukannya kebijakan ini akan terasa berat karena ibaratnya kita yang sebelumnya menabung pada satu celengan, maka kali ini kita harus menabung pada dua celengan. Secara total penghasilan sebetulnya tidak mengalami perubahan, hanya saja kita membutuhkan waktu lebih lama untuk memenuhi isi dari celengan tersebut agar celengan tersebut bisa dipecahkan (dicairkan) atau mencapai ambang batas penghasilan.

Oke deh, semoga kebijakan baru tersebut bisa membuat kita selalu tetap kreatif, tetap produktif dan tetap semangat! ^,^


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar