8 Februari 2022

Vaksinasi Covid-19 Booster (Bagian 3)

Vaksinasi COVID-19 Booster (Bagian 3)
Vaksinasi COVID-19 Booster (Bagian 3)

Yup, kemarin (baca: Senin, 7 Februari 2022) aku telah melakukan vaksinasi covid-19 yang ketiga atau vaksin booster. Vaksinasi ketiga bisa didapatkan jika telah berselang waktu 6 bulan dari vaksinasi yang kedua. Hmm, sebetulnya aku sudah bisa mendapatkan vaksin booster per tanggal 17 Januari 2022 berdasarkan informasi pada program aplikasi PeduliLindungi. Tetapi baru sempat aku lakukan kemarin karena menyesuaikan dengan waktu luang dan kondisiku, hehehehe.

informasi vaksin booster
informasi vaksin booster

Tempat vaksinasi kali ini aku lakukan di fasilitas kesehatan (faskes) yang letaknya tidak jauh dari rumah Mbak Mila karena menurut informasi dari Mbak Mila di tempat tersebut tidak terlalu ramai dan kegiatan vaksinasi dilakukan setiap hari kerja (Senin-Jum'at). Persyaratannya pun tidak ribet, yaitu hanya membawa KTP asli dan 1 lembar fotokopinya. Selain itu warga yang KTP-nya bukan alamat domisili setempat juga bisa mengikuti kegiatan vaksinasi di tempat tersebut.

Ternyata benar seperti kata Mbak Mila, ketika aku sampai di lokasi memang warga yang akan melakukan vaksinasi tidak ramai. Terhitung hanya ada 4 (empat) orang sebelum aku. Tempatnya pun tidak begitu luas, hanya terdiri dari 3 buah meja yang diatur berjarak sedemikian rupa dengan fungsi sebagai tempat skrining (meja 1), vaksinasi (meja 2), dan observasi (meja 3). Oh iya, ada juga tersedia beberapa buah kursi sebagai tempat tunggu antrian.

suasana di lokasi vaksinasi
suasana di lokasi vaksinasi

Pada meja 1 adalah proses skrining. Di sini akan diukur suhu tubuh dan tensi tekanan darah kita. Untuk lolos dari tahap ini suhu tubuh harus di bawah 37,5' Celcius dan tekanan darah harus berada di bawah 180/110 mmHg.

Jika lolos dari tahap skrining, kita akan menuju ke meja 2 yaitu proses penyuntikan vaksin. Sebagai informasi, untuk vaksin ketiga atau booster kali ini aku mendapatkan suntikan 1/2 dosis vaksin Pfizer. Sementara untuk vaksinasi pertama dan kedua aku mendapatkan vaksin Sinovac.

Kemudian lanjut ke meja 3. Berikan fotokopi KTP (yang telah ditulisi nomor handphone dan tiket vaksin) kepada petugas. Setelah itu kita akan diminta istirahat sejenak selama sekitar 5 menit (sesuai jumlah antrian) sebelum dilakukan observasi setelah disuntik vaksin. Saat tiba giliran kita, petugas akan bertanya bagaimana rasanya setelah disuntik, apakah ada keluhan atau perubahan kondisi (kesehatan). Selain itu petugas juga menyesuaikan dan mengkonfirmasi data-data kita pada sistem. Setelah itu kita akan diberikan selembar kertas yang berfungsi sebagai Kartu Vaksinasi Covid-19. Selesai deh.

Kartu Vaksinasi COVID-19
Kartu Vaksinasi COVID-19

Oke deh, bagi anda yang belum divaksin (baik vaksin pertama, kedua ataupun ketiga) silahkan datang ke pusat vaksinasi atau fasilitas kesehatan (faskes) terdekat anda. Kegiatan program pemerintah ini tidak dipungut biaya alias gratis. ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...