28 Agustus 2021

Mengganti Pot Kaktus Mini

Ganti Pot Kaktus Mini
Ganti Pot Kaktus Mini

Acara sore hari ini adalah mengamati kegiatan Ain dan Leka di kebun mini garapan mereka berdua. Pada kesempatan kali ini mereka akan melakukan penggantian wadah tanam (repotting) pada tanaman kaktus mini. Menurut mereka tanaman kaktus mini akan terlihat semakin menarik apabila dipindah tanam ke dalam pot berukuran mini nan unik.

tanaman kaktus mini
tanaman kaktus mini

Oke deh, ayo kita perhatikan bagaimana Ain dan Leka melakukan proses pemindahan tanaman kaktus mini ke dalam pot yang baru, hehehehe.
  1. Siapkan pot mini yang ukurannya sesuai dengan tanaman kaktus yang akan dipindah tanam. Oh iya, siapkan juga sendok yang akan berfungsi sebagai alat pengaut tanah (media tanam).

    pot mini
    pot mini
    sendok
    sendok

    Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli pot kaktus mini di sini:

    pot kaktus mini
    shopee

    tokopedia

    blibli


  2. Kemudian pindahkan media tanam pada pot lama (lihat panah A) ke pot baru (lihat panah B). Pindahkan secara sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok. Lakukan hingga media tanam mengisi 2/3 bagian pot baru. Oh iya, pada kasus kali ini media tanam tidak diganti karena kondisinya masih cukup baik.

    proses pemindahan (1)
    proses pemindahan (1)

  3. Lalu pindahkan atau taruh tanaman kaktus ke dalam pot baru (lihat tanda panah), kemudian tambahkan lagi media tanamnya sehingga tanaman bisa berdiri dengan tegak.

    proses pemindahan (2)
    proses pemindahan (2)

  4. Lalu rapihkan permukaan media tanam (lihat tanda panah).

    rapihkan
    rapihkan

  5. Setelah itu taruh di tempat yang diinginkan. Selesai deh. ^,^

    selesai
    selesai

Catatan:
Tanaman kaktus dapat ditaruh di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor). Jika ditaruh di dalam ruangan, usahakan sekali dalam rentang 1 minggu tanaman tersebut dijemur atau terkena cahaya matahari selama minimal 2 jam. Sementara untuk penyiraman cukup dilakukan 1 atau 2 minggu sekali.

Tonton video-nya di sini:


Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar