30 Januari 2020

Cara Memilih Buah Durian

Buah Durian
Buah Durian

Di tempatku (baca: Lampung) saat ini sedang dilanda musim buah durian (Durio zibethinus), hal ini bisa dilihat dari bermunculannya para pedagang musiman yang menjajakan buah ini di tepi beberapa ruas jalan di daerah setempat. Bagi para pecinta buah durian atau julukannya si hantu durian, ketika momen seperti ini tiba rasanya seperti sedang berada di dalam surga. Hmm, kalau tidak percaya silahkan coba tanya ke Mbak Mila, si antu durin (hantu durian), hohohoho.

buah durian masih di batang pohonnya
buah durian masih di batang pohonnya

Namun permasalahan yang sering dihadapi ketika sedang berburu buah durian (baca: membeli buah durian) adalah tidak atau belum adanya pengklasifikasian yang jelas tentang jenis buah durian yang ditawarkan oleh penjual. Pada kasus di lapangan biasanya pedagang hanya mengelompokkan buah durian tersebut berdasarkan ukuran (besar-kecilnya) buah dan kondisi fisik (bagian luar) buah, tanpa mengelompokkan berdasarkan jenis duriannya.

Kemudian para pembeli awam lazimnya tidak terlalu mempermasalahkan jenis duriannya, tetapi mereka lebih perhatian pada kualitas isi buah durian yang akan dibelinya. Pada intinya mereka ingin mengeluarkan uang untuk mendapatkan isi buah durian yang matang tanpa peduli dengan buah durian jenis apa yang mereka beli, hehehehe.

Oke deh, berikut beberapa tips dan trik memilih buah durian yang biasanya aku praktekkan ketika membeli buah durian.
  1. Tepat waktunya (saat musim buah durian)
    Yup, saat yang paling tepat untuk membeli buah durian (lokal) adalah saat sedang musimnya karena lebih mudah ditemukan, lebih banyak pilihan dan harga yang ditawarkan juga lebih murah. Selain itu peluang untuk mendapatkan buah durian berkualitas baik lebih besar dan resiko mendapatkan buah zonk lebih kecil. Hmm, untuk di daerah Lampung biasanya musim buah durian jatuh pada sekitar bulan Desember dan Januari.

    penjual durian musiman
    penjual durian musiman

  2. Aromanya mudah tercium
    Cara ini mayoritas awam sudah mengetahuinya. Yup, buah durian yang telah matang akan mengeluarkan aroma kuat yang khas.

    aroma mudah tercium
    aroma mudah tercium

  3. Buah tidak terbelah atau pecah
    Kemudian pastikan buah durian tersebut tidak terbelah, terbuka atau pecah. Kondisi ini akan membuat rasa daging buah durian menjadi hambar atau anyep, istilahnya 'masuk angin'.

    buah tidak terbelah atau pecah
    buah tidak terbelah atau pecah

  4. Buah tidak cacat
    Kemudian perhatikan di seluruh bagian permukaan buah, pastikan tidak ada tanda kehitaman atau lubang bekas gigitan hewan atau ulat.

    contoh cacat pada buah
    contoh cacat pada buah

  5. Pilihan bentuk fisik dan warna buah
    Bentuk fisik dan warna buah sebetulnya tidak dapat dijadikan pedoman untuk mendapatkan buah yang berkualitas karena tergantung dari jenis duriannya. Biasanya buah dengan bentuk bulat lebih banyak isinya, tetapi salah satu jenis durian terbaik adalah durian jantung dengan bentuk buah agak lonjong dan sedikit bengkok seperti bentuk jantung. Kemudian dari segi warna juga tidak bisa dijadikan pedoman karena ada beberapa jenis durian yang matang dengan buah yang berwarna hijau.

    pilihan bentuk fisik dan warna buah
    pilihan bentuk fisik dan warna buah

  6. Perhatikan tangkai buah
    Lalu perhatikan tangkai buahnya. Hal ini dapat menjelaskan riwayat buah durian tersebut apakah termasuk buah durian jatuhan (buah matang di batang) atau buah durian unduhan. Jika buah durian tersebut adalah buah yang diperam akan dapat diketahui sudah berapa lama buah tersebut diperam. Selain itu dengan melihat warna pada bagian dalam tangkai bisa diketahui warna daging buah tersebut.

    perhatikan tangkai buah
    perhatikan tangkai buah

  7. Perhatikan durinya
    Lazimnya buah durian yang matang pada bagian ujung durinya sudah tidak terlalu tajam dan jarak antar duri terlihat lebih renggang.

    perhatikan durinya
    perhatikan durinya

  8. Perhatikan bobot atau beratnya
    Buah durian yang telah matang terasa lebih ringan. Untuk cara yang satu ini diperlukan pengalaman karena jika masih pemula biasanya tidak tahu standar ringan atau berat pada buah ini. Hmm, cara mudahnya adalah dengan membandingkan 2 (dua) buah durian yang berukuran sama atau mendekati.

    perhatikan bobot atau beratnya
    perhatikan bobot atau beratnya

  9. Diketuk atau dipukul
    Kemudian coba gunakan gagang pisau/parang untuk mengetuk atau memukul-mukul buah durian tersebut. Jika suara yang ditimbulkan terdengar 'dug-dug' artinya buah tersebut telah matang.

    diketuk atau dipukul
    diketuk atau dipukul

  10. Diguncang
    Kemudian coba buah tersebut diguncang atau digoyang-goyang. Jika terasa ada guncangan di dalam buah bisa dipastikan buah tersebut telah matang.

    diguncang
    diguncang  

Oke deh, itulah beberapa tips dan trik yang biasanya aku jadikan pedoman atau panduan ketika membeli buah durian agar mendapatkan buah durian dengan kualitas yang baik. Semoga bermanfaat dan selamat berburu buah durian. ^,^

contoh isi buah durian kualitas baik (1)
contoh isi buah durian kualitas baik (1)
contoh isi buah durian kualitas baik (2)
contoh isi buah durian kualitas baik (2)

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar