25 Agustus 2019

Kirun Ganti Aki Pakai Incoe Gold Hybrid NS70

Aki Incoe Gold Hybrid NS70
Aki Incoe Gold Hybrid NS70

Hmm, hari ini si Kirun (Toyota Kijang Super 5K) minta jajan lagi. Aki pada mobil tersebut minta diganti. Kalau tidak salah penggantian aki sebelumnya terjadi di tahun 2014, jadi aki tersebut sudah bertugas selama sekitar 5 tahun. Hitungannya termasuk normal jika aki bisa digunakan selama sekitar 5 tahun.

Oh iya, aki yang digunakan adalah aki basah merk GS Hybrid NS70 dengan kapasitas 65 Ah (ampere). Nah, pada kesempatan kali ini aki tersebut akan diganti dengan aki merk lainnya, yaitu merk Incoe. Lengkapnya adalah Incoe Gold Hybrid 65D26R (NS70) dengan spesifikasi 12 Volt, 65 Ah, 530 CCA. Tipe dan spesifikasinya sama dengan aki yang digunakan sebelumnya (GS).

kemasan Incoe Gold Hybrid
kemasan Incoe Gold Hybrid
tipe dan spesifikasi
tipe dan spesifikasi

Salah satu alasan memilih produk Incoe adalah aki ini secara testimoni dari pengguna lainnya cukup bagus dan bisa diandalkan, di samping itu harganya lebih murah sedikit dari produk GS. Hmm, jika diperhatikan pada kemasannya GS dan Incoe sama-sama bernaung di bawah nama Astra.

Dapatkan harga promo penawaran menarik dengan membeli aki Incoe Gold Hybrid NS70 di sini:

incoe gold hybrid ns70
bukalapak

shopee

tokopedia

jd.id

blibli


Cara mengganti aki pada mobil Toyota Kijang Super (5K) cukup mudah karena pada mobil ini tidak terdapat komponen dengan sistem komputer, jadi tidak diperlukan trik khusus untuk melakukannya. Berikut caranya.
  1. Pastikan kontak dalam posisi off atau lock. Kemudian buka kap mesin, lalu lepas konektor pada kutub negatif (-) aki (lihat A), setelah itu lepas juga konektor pada kutub positif (+) aki (lihat B). Kemudian lepas klem penahan aki.

    proses melepas aki lama
    proses melepas aki lama

  2. Kemudian angkat atau pindahkan aki lama dari tempat atau dudukannya.

    aki lama telah dilepas dari dudukannya
    aki lama telah dilepas dari dudukannya

  3. Aki Incoe Gold Hybrid sudah diisi air aki dari pabriknya, jadi kondisinya sudah siap pakai. Tetapi kalau anda belum yakin, bisa anda cek level ketinggian air aki dan cek tegangannya dengan multitester, pastikan tegangannya berada di sekitar 12,5 volt.

    siapkan aki baru
    siapkan aki baru

  4. Kemudian pasang atau tempatkan aki baru pada dudukannya, lalu pasang dan kencangkan klem penahannya. Setelah itu pasang kembali konektor pada kutub positif (+) aki (lihat A), lalu pasang kembali konektor pada kutub negatif (-) aki (lihat B). Selesai dan coba nyalakan mesin. ^,^

    proses pemasangan aki baru
    proses pemasangan aki baru

Salah satu fitur yang tidak terdapat pada aki merk Incoe adalah tidak terdapat indikator untuk mengetahui kondisi aki seperti yang ada pada bagian atas aki merk GS. Hmm, tetapi fitur tersebut tidak terlalu penting karena bisa dilakukan dengan cara melihat level ketinggian air aki dan mengecek tegangannya dengan multitester.

indikator kondisi aki pada aki GS
indikator kondisi aki pada aki GS

Oh iya, jika kendaraan anda menggunakan aki basah sebaiknya setiap 2-3 bulan dicek level ketinggian air akinya, jika air berkurang segera ditambah. Sementara untuk tegangannya bisa dicek dengan menggunakan multitester atau kalau mau lebih mudah bisa menggunakan voltmeter digital yang dicolokkan ke socket lighter atau pemantik api rokok (biasanya alatnya satu paket dengan usb charger).

Jika sistem dan rangkaian kelistrikan pada kendaraan anda dalam kondisi baik, aki secara normal bisa digunakan selama sekitar 4-5 tahun. Hmm, mudah-mudahan aki baru pada si Kirun juga bisa bertahan selama itu, hehehehe. ^,^

Tonton video-nya di sini:

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...