3 Agustus 2019

Cara Mencabang Pipa Air Rumahan

Cara Mencabang Pipa Air Rumahan
Cara Mencabang Pipa Air Rumahan

Cerita pada tulisan kali ini adalah menyambung cerita tulisan kemarin (baca: Membuat Rak Ambalan Sederhana). Yup, pada tulisan tersebut telah Aku jelaskan bahwa Aku akan memindahkan posisi mesin cuci ke posisi yang lebih lega dan lapang. Nah, setelah selesai membuat rak ambalannya, kali ini adalah membuat jalur baru atau cabang pada instalasi air bersih yang khusus mengarah langsung ke mesin cuci.

Hmm, seperti gambar di bawah ini rencana (dan berikut hasil)nya.

rencana letak jalur pipa ke mesin cuci
rencana letak jalur pipa ke mesin cuci
setelah dipasang
setelah dipasang

Oh iya, pada pembuatan jalur pipa kali ini Aku masih memanfaatkan beberapa barang yang tak terpakai dan masih bisa digunakan, di antaranya pipa pvc, elbow dan selang fleksibel kaku (rigid). Hmm, kalau dirinci maka bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan pada kasus kali ini adalah:

Bahan-bahan:
-  pipa pvc ukuran 1/2'
kran ball valve 1/2'
elbow 1/2'
tee 1/2'
sock drat dalam 1/2'
-  selang fleksibel + sock drat luar 1/2'
klem pvc + sekrup + fischer
-  lem pipa pvc
seal tape

Peralatan:
-  gergaji besi
-  kunci inggris
-  bor listrik
-  obeng
-  spidol
-  penggaris atau meteran

alat dan bahan
alat dan bahan
bahan-bahan
bahan-bahan

Oke deh, ayo kita mulai acara main tukang-tukangannya, hehehehe.
  1. Langkah pertama adalah memotong pipa pvc untuk memasang kran ball valve. Caranya cukup mudah yaitu dipotong dengan menggunakan gergaji besi pada tempat yang diinginkan. Hmm, pada kasus kali ini Aku memotongnya di bagian tengah pipa (lihat tanda panah).

    potong pipa
    potong pipa

  2. Langkah selanjutnya adalah memberi lem pada kedua ujung bagian pipa yang akan dipasang kran ball valve (lihat tanda panah gambar atas). Kemudian sambung dan rekatkan kran ball valve dengan kedua pipa pvc (lihat tanda panah gambar bawah). Lalu tunggu sampai lem pada sambungan kering atau tunggu sekitar 5-10 menit.

    beri lem
    beri lem
    sambung pipa dan kran ball valve
    sambung pipa dan kran ball valve

  3. Pada langkah ini sebetulnya adalah memasang elbow atau knee L. Akan tetapi karena kebetulan Aku mendapat bekas pipa yang sudah tersambung elbow, maka langkah pemasangan elbow kita lompati ke langkah selanjutnya, yaitu memasang sock drat dalam.
    Lumuri lem pada ujung pipa pvc (lihat tanda panah gambar atas), kemudian pasang dan rekatkan sock drat dalam (lihat tanda panah gambar bawah). Lalu tunggu sampai lem pada sambungan kering atau tunggu sekitar 5-10 menit.

    beri lem
    beri lem
    pasang sock drat dalam
    pasang sock drat dalam

  4. Kemudian ambil selang fleksibel, lalu lapisi seal tape pada salah satu ujung selang fleksibel yang terdapat sock drat luar (lihat tanda panah gambar atas). Setelah itu pasang dan rekatkan pada sock drat dalam yang telah tersambung pada pipa (lihat tanda panah gambar bawah). Caranya cukup diputar sesuai dengan drat-nya.

    lapisi drat dengan seal tape
    lapisi drat dengan seal tape
    pasang selang fleksibel
    pasang selang fleksibel

  5. Nah, sekarang kita beralih ke bagian ujung pipa lainnya. Pada bagian ini akan dipasang knee T atau tee. Caranya adalah dengan melumuri lem pada bagian ujung pipa pvc (lihat tanda panah gambar atas), lalu pasang dan rekatkankan tee (lihat tanda panah gambar bawah). Kemudian tunggu sampai lem kering atau tunggu sekitar 5-10 menit.

    lumuri lem
    lumuri lem
    pasang tee
    pasang tee

  6. Pada langkah ini kita akan memotong jalur pipa pada instalasi utama (aktif). Sebelum memotong pipa, pastikan pada jalur tersebut tidak sedang dialiri air atau aktif. Nah, setelah dipastikan tidak ada air yang mengalir, potong pipa tersebut dengan gergaji besi pada tempat yang direncanakan atau diinginkan (lihat tanda panah). Oh iya, pada saat memotong pipa di langkah ini mungkin akan ada cipratan atau semprotan air dari pipa yang dipotong tersebut, jadi siapkan kain lap.

    potong pipa
    potong pipa

  7. Pada langkah ini kita akan memasang atau menyambungkan rangkaian pipa yang telah dirangkai pada langkah-langkah sebelumnya ke instalasi utama. Caranya adalah dengan melumuri lem pada kedua ujung pipa utama yang tadi telah kita potong, kemudian pasang dan rekatkan instalasi tambahan yang tadi dibuat atau pada ujung yang dipasang tee atau knee T (lihat panah A). Kemudian tunggu sampai lem kering. Hmm, pada kasus kali ini Aku biarkan selama semalam.
    Oh iya, karena selang fleksibel bobotnya agak lumayan berat, bisa dilepas dulu dari rangkaian (lihat panah B).

    pasang rangkaian baru ke instalasi utama
    pasang rangkaian baru ke instalasi utama

  8. Agar sambungan pipa baru tersebut terpasang dan melekat kokoh di dinding, beri klem yang berfungsi sebagai penahan pada sambungan pipa baru tersebut (lihat tanda panah).

    pasang klem
    pasang klem

  9. Kemudian pasang kembali selang fleksibel (lihat tanda panah), caranya cukup diputar sesuai drat-nya.

    pasang kembali selang fleksibel
    pasang kembali selang fleksibel

  10. Seluruh rangkaian sambungan pipa baru telah tepasang, sekarang kita uji coba hasilnya. Caranya coba buka atau putar kran ball valve (lihat panah A), lalu air akan keluar dari selang fleksibel (lihat panah B). Hmm, selain melihat aliran air, periksa juga apakah ada kebocoran pada instalasi baru tersebut, terutama pada sambungan-sambungan.

    A = kran ball valve, B = tempat keluar air dari selang fleksibel
    A = kran ball valve, B = tempat keluar air dari selang fleksibel
    uji coba dan cek kebocoran
    uji coba dan cek kebocoran

  11. Pada langkah sebelumnya pengujian berhasil dilakukan dan tidak ada masalah. Hmm, kemudian tempatkan mesin cuci pada tempat yang direncanakan dan diinginkan. Nah, mulai sekarang tidak perlu repot lagi menarik dan menggulung selang untuk memasukkan air ke dalam mesin cuci, cukup putar kran ball valve, langsung mengalir deh airnya langsung masuk ke dalam tabung mesin cuci, hehehehe. ^,^

    selesai dan siap digunakan
    selesai dan siap digunakan

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...