18 Agustus 2019

Instalasi phpMyAdmin Pada Laragon

Instalasi phpMyAdmin pada Laragon
Instalasi phpMyAdmin pada Laragon

phpMyAdmin adalah program yang digunakan untuk memudahkan manajemen basis data (database). Secara default pada Laragon progam ini tidak termasuk dalam paket instalasi, tetapi dapat ditambahkan sesuai kebutuhan pengguna. Nah, karena sebelumnya sudah terbiasa menggunakan XAMPP yang menggunakan phpMyAdmin sebagai program manajemen database-nya, maka sebaiknya pada kasus kali ini kita akan menambahkan phpMyAdmin pada Laragon.

Ada 2 cara menambahkan phpMyAdmin pada Laragon, yaitu dengan cara offline dan online. Hmm, apabila anda sudah memiliki file installer phpMyAdmin, cara offline bisa anda lakukan. File installer bisa di-unduh pada halaman situs phpmyadmin.net/downloads. Tetapi jika anda belum memilikinya, cara online adalah pilihannya dan lebih praktis karena Laragon akan melakukan proses pengunduhan serta instalasi secara otomatis.

Oh iya, untuk melakukannya secara online pastikan komputer anda terkoneksi internet dengan baik. Berikut penjelasannya.
  1. Buka control panel Laragon, lalu klik Menu (lihat tanda panah).

    klik Menu
    klik Menu

  2. Kemudian pilih Tools> Quick add> *phpmyadmin (lihat tanda panah).

    pilih Tools> Quick add> *phpmyadmin
    pilih Tools> Quick add> *phpmyadmin

  3. Lalu secara otomatis Laragon akan mengunduh phpMyAdmin langsung dari situs resminya. Tunggu sampai proses pengunduhan dan instalasi selesai.

    proses pengunduhan dan instalasi
    proses pengunduhan dan instalasi

  4. Setelah proses instalasi selesai, secara otomatis browser akan membuka halaman  localhost/phpmyadmin/
    Lalu masukkan username dan password. Secara default username adalah 'root' dan tanpa password (biarkan kosong). Kemudian klik Go (lihat tanda panah).

    halaman login phpMyAdmin
    halaman login phpMyAdmin

  5. Selesai. ^,^

Hmm, karena pada kasus kali ini phpMyAdmin di-install untuk keperluan manajemen database pada WordPress yang nanti akan digunakan, maka langsung saja sekarang kita buat database-nya.
  1. Pada halaman muka phpMyAdmin, klik tab Database (lihat panah A). Kemudian tentukan nama database yang akan digunakan, pada kasus kali ini database akan diberi nama 'ainka' (lihat kolom B). Lalu klik Create (lihat panah C).

    membuat database baru
    membuat database baru

  2. Yup, database dengan nama 'ainka' telah berhasil dibuat (lihat tanda panah). Nah, database ainka inilah yang nanti akan digunakan sebagai database WordPress.

    database ainka telah dibuat
    database ainka telah dibuat

  3. Selesai, mudah sekali kan? ^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...