12 Agustus 2019

Instalasi XAMPP

Instalasi XAMPP
Instalasi XAMPP

Hmm, tulisan ini adalah respon atau jawaban dari pertanyaan beberapa rekan yang beberapa waktu lalu sempat bertanya sekaligus meminta penjelasan tentang bagaimana menjalankan Wordpress secara offline atau berjalan di komputer dan laptop tanpa membutuhkan layanan internet.

Sebetulnya hal seperti ini tidak hanya berlaku untuk Wordpress saja, tetapi juga bisa diaplikasikan pada program sejenisnya, seperti Joomla, Drupal dan lainnya. Serta juga bisa dijalankan untuk jaringan intranet atau dapat diakses oleh beberapa klien yang terhubung dalam jaringan lokal. Hmm, contohnya seperti pada sekolah, kampus, kantor dan lainnya.

Hal pertama kali yang harus dilakukan adalah menyiapkan sebuah lingkungan di mana Wordpress dapat dijalankan secara lokal. Yup, yang diperlukan pertama kali ialah melakukan instalasi web server, database server dan server-server lainnya. Nah, beberapa server yang diperlukan tersebut sudah ada dalam satu paket instalasi XAMPP. Dalam paket tersebut terdapat web server Apache, database server MySQL (dan MariaDB), FTP server FileZilla, mail server Mercury serta program penunjang lainnya.

Oke deh, ayo kita mulai acaranya.
  1. Unduh (download) file installer XAMPP di halaman situs apachefriends.org/download.
    Karena instalasi akan dilakukan pada sistem operasi Windows, maka unduh XAMPP untuk Windows (lihat tanda panah). Cukup unduh salah satu saja.

    unduh file installer
    unduh file installer

  2. Kemudian Jalankan atau eksekusi file installer tersebut.

    eksekusi file installer
    eksekusi file installer

  3. Lalu muncul pemberitahuan apabila pada sistem operasi anda ter-install atau sedang menjalankan anti virus, maka proses instalasi akan berjalan lebih lambat. Abaikan saja dan klik Yes (lihat tanda panah) untuk melanjutkan proses instalasi.
    Pada beberapa kasus terdapat anti virus yang sangat sensitif, jika hal ini terjadi pada sistem operasi anda, sebaiknya matikan (disable) terlebih dulu anti virus tersebut, baru kemudian lanjutkan proses instalasi XAMPP.

    klik Yes
    klik Yes

  4. Kemudian proses instalasi XAMPP sudah bisa dimulai. Klik Next > (lihat tanda panah).

    klik Next
    klik Next

  5. Lalu akan muncul pilihan komponen-komponen apa saja yang akan di-install. Biarkan tetap  default, kemudian klik Next> (lihat tanda panah).

    klik Next
    klik Next

  6. Kemudian tentukan letak di mana XAMPP akan di-install (klik panah A). Jika bingung menentukannya, abaikan saja. Secara default XAMMP akan ter-install pada folder C:\xammp
    Kemudian klik Next > (lihat panah B).

    pilih tempat instalasi, lalu klik Next
    pilih tempat instalasi, lalu klik Next

  7. Lalu akan muncul pemberitahuan tentang Bitnami dan XAMPP. Abaikan saja, lalu klik Next> (lihat tanda panah).

    klik Next
    klik Next

  8. Kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa XAMPP siap untuk di-install. Klik Next > (lihat tanda panah).

    klik Next
    klik Next

  9. Lalu proses instalasi XAMPP akan mulai berjalan. Tunggu sampai selesai.

    proses instalasi sedang berjalan
    proses instalasi sedang berjalan

  10. Setelah proses instalasi selesai, akan muncul pemberitahuan apakah XAMPP akan langsung mulai dijalankan pada sistem operasi anda. Jika ya, beri tanda check pada opsi Do you want to start the Control Panel now? Kemudian klik Finish (lihat tanda panah).

    klik Finish
    klik Finish

  11. Lalu akan muncul pilihan bahasa. Pilihan ada dua, yaitu Bahasa Inggris Amerika (US English) atau Bahasa Jerman (Deutsch). Pilih salah satu, lalu klik Save (lihat tanda panah).

    klik Save
    klik Save

  12. Nah, beginilah tampilan Control Panel XAMPP dan sudah mulai berjalan dan siap digunakan. Selesai deh. ^,^

    XAMPP Control Panel
    XAMPP Control Panel

Oke deh, instalasi XAMPP telah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi Wordpress. Hmm, tunggu tulisan berikutnya yah, hehehehe. ^,^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...