1 Agustus 2019

Cara Memasang Gorden Dan Rel Model Klasik Minimalis

Gorden Model Klasik Minimalis
Gorden Model Klasik Minimalis

Hmm, acara hari ini adalah beres-beres salah satu kamar di rumah yang rencananya akan disewakan sebagai kamar kost, hehehehe. Oh iya, pada tulisan kali ini aku akan fokus bercerita tentang cara memasang gorden (1 set) sebagai aksesoris jendela pada kamar tersebut. Sebetulnya hal ini sangat mudah sekali dikerjakan karena tinggal pasang dan tidak memerlukan keahlian atau keterampilan khusus, terlebih gorden yang akan aku pasang adalah gorden model klasik minimalis atau model lama (jadul) dan hanya terdiri dari 1 layer (lapis).

Gorden minimalis pada kasus kali ini secara umum terdiri dari 2 bagian utama, yaitu gorden (kain) dan (batang) rel. Kemudian ada 2 bagian lainnya, yaitu klip atau kawat pengait yang menempel di gorden (kain) dan roda (pin plastik) yang ditempatkan di rel. Untuk peralatan yang diperlukan adalah obeng dan gergaji besi. Obeng digunakan untuk mengencangkan sekrup pengunci kaki rel (bracket) pada kusen (atau dinding) dan gergaji besi digunakan untuk memotong atau merapihkan kedua ujung rel.

bahan-bahan dan peralatan
bahan-bahan dan peralatan

Apabila semua bahan dan peralatan sudah siap, ayo kita mulai prakteknya, hehehehe.

Pertama adalah menyiapkan rel sebelum dipasang di kusen atau di dinding. Perhatikan kedua ujung rel apakah sudah lurus atau belum? Biasanya kalau kita membeli rel di toko bangunan (karena biasanya harganya lebih murah, hohohoho), kedua ujung rel dipotong kurang rapih atau agak miring (tidak lurus). Nah, kedua ujung rel tersebut kita rapihkan atau luruskan terlebih dulu dengan cara memotongnya dengan menggunakan gergaji besi. Hal ini juga bertujuan agar end cup atau penutup ujung rel (lihat panah B pada gambar di bawah) bisa dipasang dengan pas.

bagian-bagian pada rel
bagian-bagian pada rel

Setelah kedua ujung rel dirapihkan, langkah berikutnya adalah melakukan pengukuran antara rel dengan kusen atau dinding untuk menentukan posisi bracket atau kaki rel (lihat panah A pada gambar di atas). Setelah mendapatkan posisi yang pas, pasang bracket pada rel, lalu kencangkan sekrup untuk mengunci posisinya. Oh iya, jumlah bracket pada kasus kali ini ada 3 buah yang akan dipasang pada sisi kanan, tengah dan kiri rel. Hmm, jumlah bracket biasanya disesuaikan dengan panjang rel dan beban atau berat gorden yang akan ditanggung oleh batang rel.

Langkah berikutnya adalah memasang atau menempelkan rel pada kusen atau dinding. Pada kasus kali ini rel akan dipasang atau ditempel pada kusen jendela.

posisi rel akan dipasang
posisi rel akan dipasang

Cara memasangnya cukup mudah karena menggunakan sekrup yang akan ditanamkan pada kusen jendela yang terbuat dari kayu. Jadi cukup menggunakan bantuan obeng saja, hehehehe.

3 titik posisi pemasangan kaki rel (bracket)
3 titik posisi pemasangan kaki rel (bracket)

Setelah rel dipasang pada kusen jendela, langkah berikutnya adalah memasang roda (pin) pada rel. Jumlah roda (pin) menyesuaikan dengan klip atau kawat pengait yang terpasang pada gorden (kain). Apabila roda (pin) telah dipasang, lalu pasang penutup ujung rel (end cup).

A = kaki rel (bracket), B = roda (pin), C = penutup ujung rel (end cup)
A = kaki rel (bracket), B = roda (pin), C = penutup ujung rel (end cup)

Langkah selanjutnya adalah menautkan klip atau kawat pengait yang terpasang pada gorden (kain) ke roda (pin). Setelah itu, Tarraaa, selesai deh proses pemasangan gorden (1 set) sebagai aksesoris dan pemanis tampilan jendela pada salah satu kamar di rumah. Hmm, mudah sekali tho? Hehehehe. ^,^

selesai
selesai
^,^

Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loading...